ALAT PEMBERI MAKAN KUCING OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO PADA PET SHOP

  • Ummul Khair Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan
  • Tiara Sabrina Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan
Keywords: Pet Shop, Pemberi Makan Otomatis, Sensor Berat, Hewan Peliharaan

Abstract

Pet Shop adalah tempat atau perusahaan yang bergerak di bidang penjualan hewan peliharaan. Selain menjual hewan peliharaan, pet shop juga menjual makanan hewan peliharaan serta menerima jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan. Dalam pemberian makan hewan peliharaan yang dititipkan di Pet Shop umumnya masih memakai cara konvensional dalam pemberian makanan pada hewan. Sehingga pet shop harus membutuhkan tenaga karyawan lepas hanya untuk memberi makan dan perawatan lain, juga  tidak disediakan takaran makanan yang tepat bagi hewan peliharaan. Hal ini menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan dan mental hewan peliharaan dalam kasus ini adalah kucing. Untuk itu dibutuhkan suatu alat pemberian makanan kucing otomatis yang berisikan sensor berat (loadcell) yang memiliki kemampuan mendeteksi berapa berat makanan yang akan dikeluarkan dari tabung. Serta RTC yang mampu menginput waktu makan kucing. Sehingga kucing dapat makan tepat waktu dan sesuai takaran. Dilengkapi juga dengan buzzer sehingga kucing dapat mengetahui waktu makan melalui suara yang dihasilkan oleh buzzer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artanto, D. 2012. Interaksi Arduino dan LabView. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Handajadi, W, dan Ahmad, S. 2009. “Pembacaan Output Timbangan Digital Jarak Jauh Dengan Menggunakan Pemprograman Visual Basic 6.0.” Jurnal Teknologi IST AKPRIND 2.
Kadir, A. 2015. Panduan Mempelajari Aneka Proyek Berbasis Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Limantara, Arthur Daniel, A. I. Chandra, dan S. W. Mudjanarko. 2017. “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. 1-11.
Riza, Muharrir, dan Dedi Satria. 2006. “Perancangan Keamanan Pintu Otomatis Berbasis RFID (Radio Frekuensi Identification).” Helia 2.
Salvana, W. 2008. Pentingnya Menyaga Pola Makan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-06-01
How to Cite
Khair, U. and Sabrina, T. (2019) “ALAT PEMBERI MAKAN KUCING OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO PADA PET SHOP”, Sebatik, 23(1), pp. 9-14. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/437 (Accessed: 16October2019).
Section
Articles