PENERAPAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI NASIONAL DALAM PEMBUATAN SIMPAD TERMINAL BARANG PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA DUMAI

  • Muhammad Sobri Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Bina Darma
  • Anton Budi Dharma Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Nurhadi Nurhadi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dumai
Keywords: Pendapatan Daerah, SIMPAD, Retribusi, Teknologi Informasi, Web

Abstract

Pengawasan pendapatan daerah asli daerah (PAD) sangat perlu diawasi karena merupakan sumber utama pendapatan daerah yang dipergunakan oleh pemerintah daerah untuk rnelaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi memperkecil ketergantungan dari pemerintah tingkat atas dalam mendapatkan dana (subsidi). Solusi sistem informasi manajemen pendapatan asli daerah (SIMPAD) diyakini mampu meningkatkan efektivitas, efisiensi serta pengawasan dalam operasional pelaksanaan retribusi pada terminal barang Dinas Perhubungan Kota Dumai. Penelitian ini membuat SIMPAD dengan menerapkan aturan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi (TIK) nasional terdiri dari perencanaan sistem, manajemen belanja atau investasi, realisasi sistem, pengoperasian sistem dan pemeliharaan sistem. Pengumpulan data diperoleh dari observasi atau pengamatan langsung serta wawancara pada petugas dibagian UPT Terminal Barang Dinas Perhubungan Kota Dumai. Hasil penelitian ini menghasilkan SIMPAD berbasis web yang dapat menyimpan data PAD, membuat laporan PAD dan diharapkan dapat meningkatkan serta mengevaluasi pengawasan PAD dilingkungan Dinas Perhubungan Kota Dumai khususnya pada UPT. Terminal Barang secara sistematis, efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriany, J., Andrea, R., Yulsilviana, E., Wijayanti, S., & Nabile, D. 2018. Program Pengabdian Masyarakat: Alat Bantu Belajar Ilmu Batuan Berbasis Android pada Kelas Geologi Tambang Smk Negeri 1 Sendawar. Sebatik, 22(2), 202-210.
Alfarisi, M. S., 2018, Iptek Bagi Masyarakat : Penerapan Iot Dengan Smartphone Pada Smk Plus Al-Musyarrofah Sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Development Goal Tujuan 4 Target 3, SEBATIK, 22(2), pp. 107–110.
Astuti, I. F. dan Cahyadi, D., 2018, ‘Smart City Kutai Kartanegara Dengan Pendekatan Framework Citiasia : Sebuah Kajian Analisis’, SEBATIK, 22(2), pp. 219–225.
Badan Informasi Geospasial, 2017, Peraturan Kepala BIG nomor 3 tahun 2018 tentang Tata Kelola Teknologi dan Informasi. Cibinong, Indonesia. Available at: http://jdih.big.go.id/media//resources/law/tata-kelola-teknologi-informasi-dan-komunikasi/salinan-_PERKA_NO._8_THN_2017_TGL_15_NOVEMBER_2017_TATA_KELOLA_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI-goidjdihbig-jdih.big.go.id.pdf.
Kanter, C. H., 2015, ‘Peran Website Pemerintah Kota Manado dalam Mendukung Terwujudnya Good Governance’, Jurnal penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), pp. 197–212.
Masyhur, F. dan Qadar, A., 2015, ‘Jaminan Kesehatan Daerah Berbasis Web Di Design of Information Systems of Regional Health’, Jurnal penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(1), pp. 69–80.
Nur, E., 2014, ‘Penerapan E-Government Publik Pada Setiap SKPD Berbasis Pelayanan di Kota Palu’, Jurnal penelitian Komunikasi dan Opini, 18 No. 3, pp. 265–280.
Nurhadi dan Sobri, M., 2017, ‘Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kwalitas Pembelajaran Siswa SMA’, Jurnal Betrik, 012(3), pp. 137–144. doi: 10.32934/jmie.v1i1.29.
Sobri, M., Indriani, P. dan Marlindawati, 2017, ‘Perancangan Sistem Informasi Perawatan dan Inventaris Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning Studi Kasus Universitas Bina Darma’, in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputasi. Kupang: Universitas Nusa Cendana.
Zulkarnain, U., 2015, ‘Pemanfaatan E-Government dalam Sistem Pelayanan Publik pada Organisasi Pemerintah’, Jurnal Baca, 3(2), pp. 126–132.
Published
2019-06-01
How to Cite
Sobri, M., Dharma, A. and Nurhadi, N. (2019) “PENERAPAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI NASIONAL DALAM PEMBUATAN SIMPAD TERMINAL BARANG PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA DUMAI”, Sebatik, 23(1), pp. 140-147. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/459 (Accessed: 16October2019).
Section
Articles