RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT PARIWISATA DI PULAU TIMOR BERBASIS WEB

  • Karolina Yunita Solle Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Natalia Magdalena R Mamulak Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Patrisius Batarius Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pulau Timor, Pariwisata.

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu dari 10 provinsi yang ditetapkan oleh Pemerintah menjadi destinasi unggulan wisata. Daya Tarik Wisata (DTW) yang dimiliki oleh Provinsi NTT sebanyak 458 DTW. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTT, Pulau Timor menjadi salah satu tempat tujuan utama wisatawan. Pulau Timor adalah sebuah pulau dibagian selatan Nusantara. Pulau ini dikenal memiliki jutaan pesona kekayaan alam, perairan yang jernih, hutan yang unik, serta kehidupan suku-suku Timor yang masih menjaga tradisi. Namun informasi dalam sebuah website dengan alamat www.dispar.nttprov.go.id, disampaikan cenderung dalam format yang statis dan relatif sulit untuk diperbarui infonya dengan cepat. Oleh karena itu, melalui Sistem Informasi Geografis Pariwisata diharapkan dapat menampilkan gambaran peta wisata pulau timor sehingga lebih menarik dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall (Siklus Air Terjun). Tampilan peta menggunakan Google Maps API, bahasa pemrograman yaitu PHP7 dan MySQL sebagai database server. Sistem informasi geografis tempat pariwisata di pulau timor berbasis web ini merupakan sistem yang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi objek wisata di pulau timor beserta fasilitas pendukungnya meliputi informasi lokasi tempat wisata, jenis wisata, berita dan fasilitas sekitar lokasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arny Regina Fallo, Natalia Magdalena R. Mamulak, 2015, Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Universitas Katolik Widya Mandira Kupang-Nusa Tenggara Timur, Seminar Nasional Riset Inovatif III.
Elcom. 2010, Hebatnya Google Maps API dan Pintarnya Google Street, Yogyakarta: CV Andi Offset.
I Wayan Eka Swastikayana, 2011, Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Gianyar, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Jogiyanto, H.M, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Nugroho, Adi, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Pressman, Roger, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Yogyakarta: Andi Offset.
Prahasta, Eddy, 2009, Sistem informasi geografis: konsep-konsep dasar. (edisi revisi). Bandung: informatika.
Ramadhana, C., W, Y. D., & K.W, K. D. 2013. Data Mining dengan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering Dalam Kasus Penjualan di PT Sepatu Bata. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN 2013 (SEMANTIK 2013), ISBN: 979-26-0266-6.
Sumber: Data Buku Database Kepariwisataan Provinsi NTT Tahun 2016.
Yoeti OA, 2008, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Penerbit Pradnya Paramita: Jakarta.
Published
2019-06-01
How to Cite
Solle, K., Mamulak, N. and Batarius, P. (2019) “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT PARIWISATA DI PULAU TIMOR BERBASIS WEB”, Sebatik, 23(1), pp. 224-230. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/473 (Accessed: 16October2019).
Section
Articles