VIRTUAL REALITY PENGENALAN KAMPUNG TRADISIONAL MINANG KABAU BERBASIS ANDROID

  • Rini Sovia Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Muhammad Reza Putra Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Randy Permana Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Adiddo Restiady Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: 3D, Lingkungan Virtual, Menyimulasikan, Minangkabau, Virtual Reality

Abstract

Teknologi Virtual Reality merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan komputer untuk menyimulasikan suatu lingkungan virtual yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara realtime dan berkelanjutan.  Tidak sama seperti teknologi simulasi lainnya yang hanya mengandalkan interaksi melalui monitor dan input device seperti mouse dan keyboard, Virtual Reality lebih membawa pengalaman yang lebih baik kepada pengguna seolah – olah pengguna benar – benar berada dilingkungan Virtual tersebut. Virtual Reality menggabungkan pengindraan manusia seperti vision  ( penglihatan ), Pendengaran, Sentuhan  dan juga penciuman yang tergabung didalam suatu dunia virtual berbentuk 3D. Penerapan teknologi Virtual Reality saat ini telah merambah berbagai  displin ilmu  dan bidang seperti edukasi  atau pendidikan, kesehatan, Militer , Psikologi, dan juga Hiburan.   Pada penelitian ini, Virtual Reality dimanfaatkan sebagai media untuk mengedukasi masyarakat umum dan khususnya generasi muda suku Minangkabau untuk lebih mengenal kebudayaan yang telah mereka terima secara turun temurun. Melalui teknologi ini, lingkungan virtual 3D akan menyimulasikan keadaan kampung tradisional minangkabau dan mengajak pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan  lingkungan virtual tersebut. Sistem Virtual Reality akan menampilkan dan memperkenalkan kembali bentuk struktur bangunan tradisional Minangkabau yang mulai saat ini sudah mulai jarang ditemui dalam kehidupan nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, MS., 2013. Masyarakat Adat Minangkabau Terancam Punah Bagai Bajak Ndak Basingka., Jakarta: Citra Harta Prima.
Fahruddin, A. and Fitrianto, Y., 2015. Virtual Reality Photography untuk Media Promosi OnLine Objek Wisata Curug Tujuh Bidadari. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 8(1).
Joshi, A.G., Dabhade, A.S. and Borse, A.S., 2015. VIRTUAL REALITY IN ANDROID GAMING.
Muthia and Djuniadi, 2015. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Lingkungan Sekitar Dengan Menggunakan Engine Unity 3D. Universitas Negeri Semarang. Vol.22,No.3.
Minocha, S., 2015. The state of virtual reality in education—Shape of things to come. International Journal of Engineering Research, 4(11), pp.596-598.
Riyadi, F.S., Sumarudin, A. and Bunga, M.S., 2017. Sistem 3d virtual reality sebagai media pengenalan kampus politeknik negeri indramayu berbasis mobile. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(2), pp.75-82.
Sihite, B., Samopa, F. and Sani, N.A., 2013. Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Jurnal Teknik ITS, 2(2), pp.A397-A400.
Sulihati and Andriyani. 2016. Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa. Jurnal Sains dan Teknologi Utama. Vol.11,No.1. ISSN : 1978-001X
Suryani, M., Paulus, E. and Farabi, R., Semi-Immersive Virtual Reality untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran.
Wardijono, B.A., Hendajani, F., Sudiro, S.A. and Ramadhani, A.I., 2015. Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web. Prosiding Semnastek.
Yulsilviana, E., Basrie, B. and Saputra, A.W., 2017. Implementasi Augmented Reality Pemasaran Rumah PT. Rika Bersaudara Sakti Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Brosur Perumahan. Sebatik, 17(1), pp.11-15.
Published
2019-06-01
How to Cite
Sovia, R., Putra, M., Permana, R. and Restiady, A. (2019) “VIRTUAL REALITY PENGENALAN KAMPUNG TRADISIONAL MINANG KABAU BERBASIS ANDROID”, Sebatik, 23(1), pp. 256-262. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/477 (Accessed: 18September2019).
Section
Articles