SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS BERBASIS LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA BADAN PENAGGULANGGAN BENCANA DAERAH (BPBD) PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Ahmad Rofiq Hakim STMIK Widya Cipta Dharma
  • Kusno Harianto STMIK Widya Cipta Dharma
  • Mega Jiana STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem Informais, Perjalanan Dinas, LAN

Abstract

Sistem Informasi Perjalanan Dinas merupakan sistem yang dibangun untuk proses surat perintah perjalanan dinas (SPPD) berupa input data pegawai, kegiatan, penandatangan, transport, biaya.

Penelitian ini dilakukan pada Badan Penaggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur yang beralokasi di Samarinda dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode pengumpulan data, studi lapangan, studi pustaka, analisis kebutuhan, desain sistem, dan implementasi sistem. Program yang telah dibangun berjudul Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Jaringan dengan desain sistem mengunakan Flow Of Document (FOD), Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD) ERD.

Aplikasi Ini dibangun menggunakan software yaitu Foxpro 9.0, database yang digunakan MYSQL. Sistem yang dibangun beroperasi pada Sistem Operasi Windows. Dari hasil implementasi sistem, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan software dapat membantu bagian rekam medis dalam mengelola rekam medis pasien pada Badan Penaggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur.

Diharapkan program ini dapat dikembangkan berbasis web, sehingga dapat di akses secara luas dan penggunaan dana perjalanan dinas jadi lebih transparan.

References

Fathansyah. 2005, Buku Teks Komputer Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung

Jogiyanto.HM, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

Kadir Abdul, 2008, Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data, Penerbit Andi Yogyakarta

Kristanto andri, 2003, Perancangan Sistem Informasi danAplikasinya, Yogyakarta: gava media.

Madcoms, 2008, Microsoft Visual Basic 6.0 dan Cristal Report 2008 , Penerbit Andi.

Pressman, Roger S, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak :pendekatan praktisi (buku I), Yogyakarta : Andi

Ramadhan, Arief, 2004, 36 Jam Belajar Visual Foxpro 8.0, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Suarna, 2007 Petunjuk Teoritis Pengantar LAN, Pengenalan jaringan, Penerbit Informatika, Bandung

Downloads

Published

2018-02-23

How to Cite

Hakim, A. R., Harianto, K. and Jiana, M. (2018) “SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS BERBASIS LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA BADAN PENAGGULANGGAN BENCANA DAERAH (BPBD) PROVINSI KALIMANTAN TIMUR”, Sebatik, 9(1), pp. 16–22. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/50 (Accessed: 29 March 2024).

Issue

Section

Articles