MENINGKATKAN KUALITAS BASIS DATA DENGAN MENERAPKAN ASPEK KONSISTENSI PADA PENAMAAN FIELD DAN TABEL

  • Aulia Khoirunnita amikom
  • Raissa Maringka amikom
  • Rodney Giovanni Maringka amikom

Abstract

Basis data merupakan salah satu tolak ukur yang berpengaruh pada kualitas sistem informasi. Suatu sistem informasi efektif tentunya memiliki basis data yang berkualitas. Aspek-aspek yang dapat diukur untuk menentukan kualitas basis data adalah aspek kebenaran, konsistensi, jangkauan, tingkat detail, kelengkapan, minimalitas, kemampuan untuk berintegrasi dan kemampuan untuk dibaca. Salah satu kesalahan yang sering didapati dalam basis data adalah berhubungan dengan aspek konsistensi. Aspek konsistensi yang tidak terlalu diperhatikan penerapannya dapat menimbulkan konflik data akibat ambiguitas serta duplikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas basis data dengan menerapkan konsistensi pada penamaan field dan tabel. Suatu metode penamaan untuk menghasilkan konsistensi dalam standarisasi diterapkan pada penelitian ini. Dari hasil pengujian menggunakan SQL Server didapati bahwa metode yang ditawarkan dalam penelitian ini dapat menjadi salah satu solusi dari penamaan field dan tabel yang tidak konsisten dan menimbulkan ambiguitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrea, R., & Qomariah, S. (2020). Basis data I : Praktikum Teknik Informatika. Samarinda: Sebatik.
Nurhuda, A., & Andrea, R. (2020). PENERAPAN DECISION TREE DALAM AGEN CERDAS" UNDA ANAK PINTAR" PERMAINAN EDUKASI MUATAN LOKAL BAHASA BANJAR. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(2), 147-152.
Published
2020-12-18
How to Cite
Khoirunnita, A., Maringka, R. and Maringka, R. (2020) “MENINGKATKAN KUALITAS BASIS DATA DENGAN MENERAPKAN ASPEK KONSISTENSI PADA PENAMAAN FIELD DAN TABEL”, Sebatik, 24(2). Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1162 (Accessed: 22April2021).