INOVASI DISRUPTIF TRANSPORTASI DI JAKARTA

Keywords: Inovasi Disruptif, Transportasi Online, Kualitas Pelayanan, Go-Jek

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak Krisis Keuangan Asia Tenggara antara tahun 1997 dan 1998. Dampak negatif tidak pernah hilang sama sekali. Selama periode itu, banyak bisnis, besar dan menengah terpaksa gulung tikar karena ketidakmampuan mereka dalam menghadapi waktu percobaan. Jutaan, buruh dan karyawan, terkena PHK besar-besaran. Pada masa tersebut, Indonesia mengalami lonjakan kegiatan ekonomi informal yang dilakukan oleh mereka yang memiliki keterampilan teknis dan nonteknis. PT Go-Jek Indonesia (Go-Jek) merupakan anomali yang berkembang menjadi fenomena ekonomi inovatif. Meski ada keraguan, Go-Jek mampu memberikan peluang, meski secara informal kepada 200.000 pengendara ojek, 100.000 beroperasi di Jakarta, angka tersebut tidak termasuk mereka yang bertugas di divisi operasi dan manajerial. Internet telah secara signifikan menurunkan penghalang masuk bagi banyak inovator yang mengganggu, termasuk Go-Jek. Perusahaan, yang mematuhi tiga prinsip utama: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial, berdiri dibandingkan dengan pengganggu populer lainnya yang muncul dan bercabang di negara-negara di mana kapitalisme liberal berkembang. Go-Jek terus menerus menuai kontroversi, seperti halnya inovator pengganggu lainnya di seluruh dunia, karenanya, dialog dan bimbingan dari pemerintah, untuk mencegahnya menerapkan praktik monopoli serta mencegahnya menerima serangan balik di masa depan dari para pesaing lama. Serangan balik yang terjadi baru-baru ini dari salah satu pesaing lama telah menempatkan pelanggan dan masyarakat Jakarta dalam persaingan yang ketat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok warga Jakarta dan mitra Go-Jek, kecuali di wilayah Kepulauan Seribu yang belum tersedia jaringan Go-Jek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap fenomena Go-Jek sangat positif. Hal ini terlihat dari respon konsumen yang menganggap Go-Jek merupakan alternatif transportasi yang sudah lama dicari, ketika angkutan umum semakin menjadi permasalahan yang pelik di Jakarta. Go-Jek telah membuka kesempatan kerja bagi mereka yang menginginkan keleluasaan dalam menentukan waktu kerja dan juga kebutuhan. Ketegasan pemerintah dalam membuat kerangka kerja agar pengguna (masyarakat) dan inovator tidak melanggar hukum dan mematuhi ketentuan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayudin. 2019. Inovasi Disruptif di Industri Perhotelan. Retrieved March 26, 2021 from
http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Christensen, C. 2013. The innovator's dilemma: when new technologies cause great firms to fail. Harvard Business Review Press.
Cosseboom, L. 2015. Tech in Asia - Connecting Asia's startup ecosystem. Retrieved March, 2021, from https://www.techinasia.com/southeast-asia-millennials-technology-adoption
Darma, G.S. 2019. Kacamata Media, Kesuksesan Bersyarat. Indonesia: Pustaka Larasan Press.
Darma, G.S., Apollo, A., Rusmanda, G., and Umar, Y. 2019. Digital Education 4.0. Indonesia: Cakra Media Utama Press.
Darma, G.S. 2018. Seuntai Pesan, Menjawab Zaman. Indonesia: Pustaka Larasan Press.
Dewi, M.V.K., and Darma, G.S. 2019. The Role of Marketing & Competitive Intelligence In Industrial Revolution 4.0, Jurnal Manajemen & Bisnis, 16 (1): 1-12
Ferdiana, A.M.K., and Darma, G.S. 2019. Understanding Fintech Through Go-Pay, International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4 (2): 257-260
Goodman, J. A. 2014. Customer Experience 3.0: High-profit Strategies in the Age of Techno Service. AMACOM Div American Mgmt Assn.
Hanggoro, H. T. 2015. Mengorek Sejarah Ojek | Historia. Retrieved March, 2021, from http://historia.id/kota/mengorek-sejarah-ojek
Hendrayanti, Alberta, J.A., 2018. Pengaruh Angkutan Umum di Daerah Istimewa Yogyakarta – Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
J. K. 2012. Tech in Asia - Connecting Asia's startup ecosystem. Retrieved March 28, 2021, from https://www.techinasia.com/Go-Jek-indonesia
Kasali, Rhenald. 2017. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Pustaka UtamaGrafiti
Kemenkominfo. 2016. Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved March, 2021, from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6095/Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia/0/sorotan_media
Kostakis, V., & Bauwens, M. 2014. Network society and future scenarios for a collaborative economy. Palgrave Macmillan.
Schor, J. 2016 The sharing economy: Hyper-capitalism or a sustainable alternative? Retrieved March 28, 2021, from https://www.youtube.com/watch?v=-Qq7GyF3smc
Setyanti, E. P. (n.d.). 2015. Tech in Asia Indonesia - Komunitas Online Startup di Asia. Retrieved March, 2021, from https://id.techinasia.com/survei-google-indonesia-penetrasi-smartphone-dalam-negeri
Sugiyono. 2017, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. ALFABETA.
Widia Darma, Inovasi Diskruptif (Disruptive Innovation) Dalam Pendidikan, 2018 from https://osf.io/pqk79/download/?format=pdf
Published
2021-06-01
How to Cite
Rasyid, E. and Chaerudin, I. (2021) “INOVASI DISRUPTIF TRANSPORTASI DI JAKARTA”, Sebatik, 25(1), pp. 138-145. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1346.
Section
Articles