PERBANDINGAN ALGORITMA K-MEANS DAN FUZZY C-MEANS CLUSTERING UNTUK KUALIFIKASI DATA KINERJA DOSEN DI JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLNES
Kata Kunci:
Cluster, Fuzzy C-means, Kinerja dosen, K-meansAbstrak
Perkembangan yang kompetitif dan mengglobal setiap lembaga, termasuk lembaga pendidikan perguruan tinggi kegiatan penilaian kerja atau unjuk kerja dari setiap pegawai merupakan kegiatan yang umum untuk penataan sumber daya manusia sebagai tenaga pendidik. Melalui proses penilaian kinerja dosen tersebut dilakukan proses kualifikasi agar dapat diketahui cluster-cluster yang terdapat didalamnya. Cluster dalam penelitian ini ada 4 cluster yaitu : cluster 1 yang berisi dosen dengan kualifikasi baik, cluster 2 yang berisi dosen dengan kualifikasi sangat baik, cluster 3 yang berisi dosen dengan kualifikasi sangat kurang dan cluster 4 yang berisi dosen dengan kualifikasi kurang. Pengelompokkan data pada penelitian ini menggunakan algoritma K-means dan Fuzzy C-means. Hasil perbandingan pengelompokkan yaitu : cluster 1 beranggotakan 6 dosen, cluster 2 beranggotakan 11 dosen, cluster 3 beranggotakan 3 dosen dan cluster 4 beranggotakan 4 dosen.