MANAJEMEN MEDIA RADAR SELATAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN

  • Qudratullah Qudratullah Ekonomi Perbankan Syariah, STAI Yapnas Jeneponto
  • Hartina Fattah Ekonomi Perbankan Syariah, STAI Yapnas Jeneponto
Keywords: Manajemen, Iklan, Media Radar Selatan

Abstract

Perkembangan media tidak terlepas dari iklan. Baik itu media elektronik, online bahkan media cetak yang merupakan salah satu jenis media yang cukup tua dibanding lainnya karena pendapatan sebuah media sebagian besar diporeh melalui iklan. Tidak heran jika manajemen media dalam meningkatkan jumlah pengiklan sangat perlu dilakukan dengan baik mengingat persaingan media juga semakin sengit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam manajemen sebuah media dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Metode yang digunakan adaah kualitatif diartikan sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang atau objek yang diteliti. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder, di mana setelah data terkumpul peneliti melakukan kritik sumber untuk mengukur data yang telah dipeoleh sesuai dengan data yang diberikan oleh sumber data. Setelah itu, peneliti melakukan penafsiran dalam mengalanilisis data yang ada sebagai bagaian dari proses interpretasi. Penafsiran tersebut disajikan dalam narasi deskripti dalam bentuk rincian manajemen media yakni Radar Selatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh penrliti, manajemen media Radar Selatan dalam meningkatkan jumlah pengiklan sama saja dengan media lainnya. Hanya saja, ada sedikit strategi yang dan jangkauan yang memiliki perbedan dengan media lainnya. Memasang iklan di Radar Selatan dapat melalui sistem offline atau langsung datang ke kantor atau melalui sistem online dengan mengunjungi situs yang telah disediakan. Dengan keberadaannya di salah satu wilayah bagian selatan Sulawesi Selatan, Radar Selatan kerap menjadi pilihan lembaga, individu dan pemerintah dalam beriklan. Selain karena memiliki pemasaran yang luas, Radar Selatan juga memiliki dta pembaca yang luas sebagaimana data menunjukkan total 15.975 pembaca dari delapan kabupaten/kota. Pembaca merupakan pria dengan jumlah 60% dan wanita dengan jumlah 40%. Jika diklasifikasikan dalam kelompok usia, Radar Selatan banyak digemari oleh rentan usia 31-35 tahun, dari aspek pekerjaan banyak diminati oleh Karyawan/Pegawai negeri/TNI/ Polri  sebanyak 35% dan tingkat pendidikan dari kalangan Diploma sebanyak 48%. Oleh karena itu, dengan pelanning hingga controling yang jelas terlihat bahwa sis lain dari manajemen medi Radar Selatan adalah segmentasi yang luas dengan perkembangan pesat meski jauh dari pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jefkins, Frank, 1997, Periklanan, Jakarta: Erlangga.
Wijayanti, 2008, Manajemen, Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.
Terry, George dan Leslie W. Rue, 2010, Dasr-Dasar Manajemen, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Terry, George R., 1993, Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.
Dewan Periklanan Indonesia, 2007.
Junaedi, Fajar, 2013, Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moleong, Lexy J, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta:Putra Grafika.
Amstrong, Gary dan Philip, Kotler, 2002, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Jakarta: Penerbit Prenhalindo. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Istijanto, 2008, Riset Sumber Daya Manusia, Jakrta: Gramedia.
Arikunto, S. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, Burhan, 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Bungin, Burhan, 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Selatan, 2018.
Published
2018-12-04
How to Cite
Qudratullah, Q. and Fattah, H. (2018) “MANAJEMEN MEDIA RADAR SELATAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN”, Sebatik, 22(2), pp. 116-123. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/318 (Accessed: 27May2019).