NORMALISASI DATABASE DAN MIGRASI DATABASE UNTUK MEMUDAHKAN MANAJEMEN DATA

  • Sri Mulyati Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Bayu Aprilananda Sujatmoko Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
  • T Irfan Megat Wira Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Rifqi Afif Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
  • Rizky Ari Pratama Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Keywords: Perancangan Database, Penyedia Informasi, Migrasi, Grafik, tabel

Abstract

Penyajian data di era informasi seperti saat ini sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat maupun penyedia informasi seperti BPTKG. Penyajian informasi tidak lepas dari basis data yag baik, karena dengan adanya basis data yang baik query untuk menampilkan informasi akan lebih mudah. Tujuan utama proses perancangan basis data adalah untuk mendapatan keakuratan dalam representasi data, hubungan data, dan aturan antar data. Normalisasi sendiri merupakan salah satu teknik dalam desain basis data untuk memproduksi tabel – tabel yang memiliki atribut yang tidak tepat sesuai dengan kebutuhan sistem. Tidak terlepas dari sistem untuk menampilkan informasi tingkat kewaspadaan kebencanaan. Data aktifitas gunung berapi jumlah datanya semakin bertambah  dan kontinu, maka perlu desain basis data, membuat basis data baru dan migrasi data lama ke basis data yang baru. BMKG memiliki tugas untuk memantau aktifitas  gunung merapi dan data disimpan dalam sistem sehingga bisa disampaikan kepada masyarakat terkait informasi potensi bencana alam kedalam bentuk tabel dan grafik agar lebih informatif. Pada basis data yang baru, dalam melakukan pencarian dan perubahan data lebih mudah dan efisien karena terdapat  tabel dari basis data lama yang dinormalisasi. Hasil dari penelitian ini adalah tabel yang dihasiklan memiliki field yang lebih sedikit sehingga mepermudah proses implementasi untuk menampilkan informasi baik menggunakan tabel maupun grafik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, & Mayasari, M. S. 2016. Desain Databa Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Selective English Course. Jurnal Simetris, 7(1), 183–190.
Demba M, “An Algorithmic Approach to Database Normalization”, International Journal of Digital Information and Wireless Communications (SDIWC) 3(2): 197-205, The Society of Digital Information and Wireless Communications, 2013 (ISSN: 2225-658X)
Dwi Puspitasari 1, Cahya Rahmad 2, M. A. 3. 2016. Normalisasi Tabel Pada Basisdata Relasional. Prosiding SENTIA, 8, 340–345. https://doi.org/10.1074/jbc.M304200200
Indrajani. 2015. Database Design (Case Study All in One). (1st ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Maanari, J. I., Sengkey, R., Wowor, F., & Rindengan, Y. D. Y. 2013. Perancangan Basis Data Perusahaan Distribusi dengan Menggunakan Oracle. Teknik Elektro Dan Komputer, 1–11.
Published
2018-12-04
How to Cite
Mulyati, S., Sujatmoko, B., Wira, T., Afif, R. and Pratama, R. (2018) “NORMALISASI DATABASE DAN MIGRASI DATABASE UNTUK MEMUDAHKAN MANAJEMEN DATA”, Sebatik, 22(2), pp. 124-129. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/319 (Accessed: 16October2019).