PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI

  • Marsiyem Marsiyem Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Destriana Destriana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Reza Resah Pratama Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
Keywords: Model Pembelajaran, Servis Bawah, Permainan Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran servis bawah permainan bola voli untuk siswa SMP kelas VII dengan dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan model pembelajaran servis bawah dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palembang dengan menggunakan metode penelitian R&D yang dikembangkan oleh Sugiono. Tahapan penelitian adalah analisis kebutuhan, pembuatan draf produk, validasi ahli, ujicoba skala kecil, revisi, ujicoba skala besar, revisi tahap 2, serta ujiefektifitas produk. Teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini  pada validasi ahli tahap 2 di dapatkan penilaian sebesar 80% dari ahli PJOK dan 81,67% dari ahli permainan bola voli maka produk dikatakatan “Layak”. Ujicoba skala besar dilakukan pada 3 kelas dengan jumlah responden sebanyak 72 siswa didapatkan hasil yaitu, 90,74% siswa berada pada kategori baik, sehingga produk ini dinyatakan “Layak”. Temuan pada penelitian ini adalah dihasilkannya model pembelajaran servis bawah permainan bola voli yang digunakan siswa SMP kelas VII berupa buku panduan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, Z. dan Hidayat, T. (2014). Penerapan Model pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol 2 (1), 41-44.
Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.
Alif, E., Heny, S., & Cahyo, Y. 2012. Modifikasi Model Pembelajaran Bola Voli melalui permainan Bola Voli Mini Berlapis. Journal of Physical Education, Sport, Healt and Recreation, (3) 185-189.
Husdarta, H.J.S. 2013. Manajemen Pendidikan Jasamani. Jakarta: Alfabeta.
Muslimin. 2018. Pengembangan Perangkat Tes dan Pengukuran Passing Bola Voli Berbasis Komputer. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 297-304.
Parisi, F., Raiola, G.2014.Video analysis in youth volleyball team, Journal of Human Sport and Exercise, 9, pp. S584-S587.
Rahayu, Ega Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
M.E. Winarno, dkk. 2018. Teknik dasar Bermain BolaVoli. Malang: Universitas Negeri Malang
Zhanneta Kozina, dkk. 2018. The influence of a special technique for developing coordination abilities on the level of technical preparedness and development of psycho-physiological functions of oung volleyball players 14-16 years of age. Journal of Physical Education and Sport (JPES), 18(3), Art 214, pp. 1445 – 1454
Published
2018-12-04
How to Cite
Marsiyem, M., Destriana, D. and Pratama, R. (2018) “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI”, Sebatik, 22(2), pp. 161-166. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/323 (Accessed: 27May2019).