PENGENALAN CITRA BOLA ROBOT BLUEHUMAN G8

  • Hadriansa Hadriansa Teknik Informatika, STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati
  • Denis Prayogi Teknik Informatika, STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati
Keywords: : Citra Digital, Robot Humanoid, Bola

Abstract

Pengenalan citra merupakan suatu cara dari sebuah mesin komputer untuk mengenali objek atau benda yang memiliki pola dan bentuk. Pada bidang robotika, citra digunakan untuk mengenali sebuah objek benda dari bentuk maupun warna. Robot humanoid merupkan robot berbentuk manusia yang bisa dipertandingkan dengan permainan sepakbola, dimana robot harus mengejar bola kemudian menendang. Robot dapat melihat bola dengan proses citra digital dengan mendeteksi bentuk bola dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bola pada robot Humanoid dengan cara memanfaatkan sensor kamera pada robot, kemudian hasil citra yang direkam diproses menggunakan citra digital dengan model Hue, Saturation, Value (HSV). HSV merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengetahui perbedaan intensitas dan kedalaman warna pada objek dengan area disekitarnya. Dengan menggunakan  model HSV, citra bola di arena lapangan dapat terdeteksi oleh robot humanoid, sehingga dapat mendukung robot dalam mengejar dan menendang bola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengenalan citra merupakan suatu cara dari sebuah mesin komputer untuk mengenali objek atau benda yang memiliki pola dan bentuk. Pada bidang robotika, citra digunakan untuk mengenali sebuah objek benda dari bentuk maupun warna. Robot humanoid merupkan robot berbentuk manusia yang bisa dipertandingkan dengan permainan sepakbola, dimana robot harus mengejar bola kemudian menendang. Robot dapat melihat bola dengan proses citra digital dengan mendeteksi bentuk bola dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bola pada robot Humanoid dengan cara memanfaatkan sensor kamera pada robot, kemudian hasil citra yang direkam diproses menggunakan citra digital dengan model Hue, Saturation, Value (HSV). HSV merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengetahui perbedaan intensitas dan kedalaman warna pada objek dengan area disekitarnya. Dengan menggunakan model HSV, citra bola di arena lapangan dapat terdeteksi oleh robot humanoid, sehingga dapat mendukung robot dalam mengejar dan menendang bola.
Published
2018-12-04
How to Cite
Hadriansa, H. and Prayogi, D. (2018) “PENGENALAN CITRA BOLA ROBOT BLUEHUMAN G8”, Sebatik, 22(2), pp. 188-193. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/326 (Accessed: 25May2019).