PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT: OPTIMALISASI PAUD HOLISTIK DI DESA LEMAHMULYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG

  • Nelly Apriningrum Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maria Alia Rahayu Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Pembangunan kesehatan salah satunya dilakukan melalui upaya peningkatan kesehatan anak sejak masih di dalam rahim selama lima tahun pertama kehidupan. Pelayanan posyandu sebagai unit kesehatan berbasis masyarakat yang ada selama ini masih berfokus pada pelayanan penimbangan berat badan, pemberian vitamin A dan imunisasi serta cenderung mengabaikan pemantauan perkembangan balita. Hal ini juga terjadi di Desa Lemahmulya  Kecamatan Majalaya. Adanya permasalahan tersebut diperlukan solusi dengan mengintegrasikan pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan pelayanan posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB) melalui kegiatan pengabdian masyarakat berupa optimalisasi PAUD Holistik.  Sasaran kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada para guru PAUD, kader posyandu dan BKB tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan balita, pemantauan dan deteksi dini adanya penyimpangan sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan PAUD secara holistik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan metode penyelesaian masalah melalui pendekatan partisipatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa terjalinnya kerjasama antar kader melalui pelayanan integrasi, peningkatan pengetahuan kader tentang pertumbuhan dan perkembangan balita, menunjang terlaksananya kegiatan pengabdian dengan memberikan investasi Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) kit serta implementasi Optimalisasi PAUD holistik di Desa Lemahmulya. Potensi tokoh masyarakat, kader dan masyarakat yang ada menjadi peluang agar kegiatan PAUD Holistik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyanti D, Maryam, Rahayu, DA, IbM Taman Pintar Banana sebagai Upaya Optimalisasi Kualitas Balita Desa Rowosari Kecamatan Tembalang Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian, Jurnal Unimus, 2014.
Dewi CA, Zahraini DA, Sabarini S, Desain Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif PAUD Non Formal, Jurnal Penelitian PAUDIA Vol 2 No 1 Mei 2013
Hidayati U, Pendidikan Holistik Integratif di Roudhotul Athfal, Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2017, 241-262
Iswarawanti, N D, Kader Posyandu : Peranan dan Tantangan Pemberdayaannya dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak di Indonesia .Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Volume 13 No 4 Desember 2010 , 169-173.
Kementerian Kesehatan, RI, 2016, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar ,Jakarta : Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan R I.
Sihombing K, Kandarina I, Sumarni, 2015, Peran Lurah, Petugas Kesehatan dan Kader dalam Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Wilayah Cakupan D/S Terendah dan Tertinggi di Kota Jambi, Jurnal Gizi dan Dietetika Indonesia. Vol 3 No 2 (87-97)
Yuliani I, 2018. Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) bagi para guru dan wali murud PAUD pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bhakti Volume 1 No 1.
Published
2018-12-05
How to Cite
Apriningrum, N. and Rahayu, M. (2018) “PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT: OPTIMALISASI PAUD HOLISTIK DI DESA LEMAHMULYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG”, Sebatik, 22(2), pp. 235-239. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/336 (Accessed: 19August2019).

Funding data