PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT: SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PERJALANAN DINAS PADA KANTOR GUBERNUR PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI BIRO UMUM

  • Azahari Azahari STMIK Widya Cipta Dharma
  • Reza Andrea STMIK Widya Cipta Dharma
  • Siti Lailiyah STMIK Widya Cipta Dharma
  • Fahmi Fitnanda STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Sistem Informasi, Perjalanan Dinas, Administrasi, Biro Umum, Website

Abstract

Program pengabdian masyarakat dilakukan dengan membuat sebuah sistem informasi administrasi perjalanan dinas berbasis website yang dapat membantu Biro Umum dalam melakukan proses pembuatan surat perintah perjalanan dinas, laporan dan memberikan informasi sisa dana anggaran pada perjalanan dinas. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan administrasi perjalanan dinas, tata cara melakukan pembuatan perjalanan dinas dan bentuk output dari surat perintah perjalanan dinas. Dalam program pengabdian masyarakat ini tahapan pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall model dengan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah Brackets, PhpMyadmin. Adapun hasil akhir dari program pengabdian masyarakat ini yakni berupa sistem informasi berbasis website yang dapat menyajikan informasi, data, pembuatan yang lebih mudah digunakan dan lebih cepat. Sistem Informasi Administrasi Perjalanan Dinas sebagai media dalam pengadministrasian yang dapat mengolah data secara mudah, efektif dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrie, B., & Yusnita, A. 2018. Membangun Sistem Infromasi E-learning Perkuliahan STMIK Wicida Samarinda. Sebatik, 20(1), 10-14.
Heryanto, Y. 2014. Implementasi Good Governance Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Logika, 12(3), 23-40.
Jogiyanto, H. M. 2017. Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.
Kusnandar, K. 2016. Rancang Bangun & Analisis Sistem Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Model Waterfall (Studi Kasus: STMIK WICIDA Samarinda). Sebatik, 16(1), 16-25.
Nugroho, A. 2009. rekayasa perangkat lunak menggunakan UML dan JAVA. Penerbit Andi.
Sutabri, T. 2012. Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi.
Yuniarto, B. 2013. Membangun Kesadaran Warga Negara dalam Pelestarian Lingkungan. Deepublish.
Published
2018-12-05
How to Cite
Azahari, A., Andrea, R., Lailiyah, S. and Fitnanda, F. (2018) “PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT: SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PERJALANAN DINAS PADA KANTOR GUBERNUR PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI BIRO UMUM”, Sebatik, 22(2), pp. 130-137. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/341 (Accessed: 27May2019).