SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KECENDERUNGAN PERILAKU ABNORMAL PADA ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE BAYES

  • Muhammad Irwan Ukkas STMIK Widya Cipta Dharma
  • Ekawati Yulsilviana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Siti Aisyah STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Sistem Pakar, Diagnosa, Perilaku Abnormal, Anak-anak, Bayes

Abstract

Perilaku abnormal adalah suatu perilaku yang menunjukan aspek kepribadian, aspek perilaku yang dapat langsung diamati. Menunjuk pada perilaku maladaptif yaitu setiap perilaku yang mempunyai dampak merugikan bagi individu atau masyarakat. Memiliki gangguan mental pada semua bentuk perilaku abnormal mulai dari yang ringan sampai yang terberat. Mencakup penyakit jiwa yakni mengalami gangguan-gangguan yang melibatkan patologi otak atau berupa disorganisasi kepribadian yang parah. Diagnosa kecenderuan perilaku abnormal untuk sekarang ini dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan terlebih dahulu oleh ahli psikologi, yaitu psikolog.

Penelitian ini dilakukan pada SLB Cemara Wilis Samarinda, Dalam pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan studi pustaka dan wawancara, adapun alat bantu yang digunakan adalah bagan alur program (program flowchart) dan Decession table dengan bahasa pemrogramman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0, dan cara pengujiannya menggunakan pengujian Black Box.

Hasil dari penelitian ini yakni dengan dibanngunnya Sistem Pakar Diagnosa kecenderungan perilaku abnormal, yang menghasilkan jenis gangguan, bagaimana solusi pengobatannya, laporan tentang pasien dan utuk memfasilitasi guru dan masyarakat dalam mendiagnosa kecenderungan perilaku abnormal pada anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arhami, 2004, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi Publiser: Yogyakarta

Fatta, Al Hanif, 2007, Analisis & perancangan sistem informasi, ANDI, Yogyakarta: EDI

Fathansyah, 2007, Basis Data, Bandung: Informatika

Gerald C.Davision, Jhon M. Neale, Ann M. Kring, 2006, Psikology Abnormal, Edisi 9, Jakarta, PT. Rajadrafindo Persada

Jogiyanto, HM, 2003, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi kesatu, Yogyakarta: Andi Offset

Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar, ANDI; Yogyakarta; Ed I. Komputindo kelompok gramedia; seri penuntun praktis

Kotler, Philip, 2003, Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perdagangan, edisi enam

M. Iqbal Hasan, 2002, Pokok-pokok materi metodologi penelitian & aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta

Supratikya, 2008, Mengenal perilaku abnormal, kanisius, Yogyakarta

Tim divisi penelitian dan pengembangan LPKBM MADCOMS Madiun, 2006, Panduan pemrograman dan referensi kamus Visual Basic, andi offset, Yogyakarta

Ukar, Kurweni, 2007, Microsoft Office Access 2007, Jakarta: PT Elex Media Komputido Kelompok Gramedia, Seri penuntun praktis.
Published
2018-02-23
How to Cite
Ukkas, M., Yulsilviana, E. and Aisyah, S. (2018) “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KECENDERUNGAN PERILAKU ABNORMAL PADA ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE BAYES”, Sebatik, 8(1), pp. 30-33. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/47 (Accessed: 15October2019).
Section
Articles