RANCANG BANGUN ENSIKLOPEDIA TANAMAN OBAT KALIMANTAN TENGAH BERBASIS ANDROID
Keywords:
Tanaman Khas Kalimantan Tengah, Android, Ensiklopedia, Penelitian dan Pengembangan, PrototipeAbstract
Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 15,4 juta ha memiliki banyak sekali jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Dan masih ada sebagian masyarakat Kalimantan Tengah yang belum mengetahui jenis dan manfaat tanaman yang berpotensi obat tersebut. Walaupun sebagian informasi tersebut sudah bisa didapatkan melalui berbagai media baik cetak maupun daring, tetapi hal tersebut masih belum efektif dan efesien karena perlu waktu dan biaya. Dengan bantuan teknologi mobile yang sangat populer saat ini yaitu Android dapat dibangun suatu sistem ensiklopedia tentang jenis-jenis tanaman apa saja khususnya didaerah Kalimantan Tengah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan karena bertujuan menghasilkan dan menguji efektifitas sistem yang dibangun. Penelitian ini mengadopsi permodelan pengembangan perangkat lunak Prototipe yang terdiri dari 3 tahapan yaitu identifikasi dan analisa data, perancangan dan pembuatan prototipe serta pengujian dan perbaikan prototipe sehingga sesuai dengan kebutuhan sistem keseluruhan. Penelitian ini akan menghasilkan sistem yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan panduan masyarakat dalam memanfaatkan beragam jenis tanaman khas Kalimantan Tengah untuk pengobatan berbagai macam penyakit
References
Bitjoli, Rani C., Liliana, Purbowo, Anita N., 2017. Media Informasi Tanaman Obat dan Penggunaannya. Jurnal INFRA. Volume 5, Nomor 1 Tahun 2017. Surabaya : Universitas Kristen Petra.
Guritno, Suryo., Sudaryono., & Raharja, Untung. 2011. Theory and Application of IT Research. Yogyakarta : Andi Offset.
Hakim, Ahmad R., Andrea, Reza., Antoni, Devian. Membangun Edugame “ Baby Zoo Puzzle” Berbasis Android Dengan Game Agent Implementasi Finite State Machine. Jurnal Sebatik. Volume 16, Nomor 1 Tahun 2016. ISSN : 1410-3737. Samarinda : STMIK Widya Cipta Dharma.
Haris, Ferdiyani. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Kesehatan Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Volume 1, Nomor 1 Tahun 2018. ISSN : 2655-7460. Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Haris, Ferdiyani., Ningsih, Tri Kurnia. 2017. Aplikasi Pengenalan Seni Kerajinan Tangan Masyarakat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah Berbasis Android. Jurnal SAINTEKOM. Volume 7, Nomor 2 Tahun 2017. ISSN : 2503-3247. Palangkaraya : STMIK Palangkaraya.
Munadi, Ernawati dan Salim, Zamroni., 2017. Info Komoditi Tanaman Obat. Jakarta : Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Pradana, Febri., Jusak, Adrian, Ignatius., 2016. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Tanaman Obat Berbasis Semantik Web. Jurnal JSIKA. Volume 5, Nomor 8 Tahun 2016. ISSN : 2338-137X. Surabaya : STMIK STIKOM.
Pressman, Roger, 2012, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu Edisi 7), Yogyakarta : Andi Offset.
Supardi. 2011. Semua Bisa Menjadi Programer Android-Basic. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Susiarti, Ratna A., 2017. Tanaman Sebagai Sumber Senyawa Bioaktif : Peranannya Dalam Terapi dan Pengembangan Obat Baru. Pengukuhan Guru Besar. Yogyakarta : Fakultas Farmasi UGM.
Wismarini, Th. Dwiati., Santoso, Dwi B., Untari Ningsih, Dewi H., 2012. Elektronik Ensiklopedia Tanaman Herbal Sebagai Bank Data Digital Tanaman Obat. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. Volume 17, Nomor 2 Tahun 2012. ISSN : 0854-9524. Semarang : Universitas Stikubank.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article