SISTEM PAKAR KERUSAKAN MOTOR KENDARAAN RODA DUA JENIS YAMAHA MATIC PADA REZA JAYA MOTOR SAMARINDA

Authors

  • Ekawati Yulsilviana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Hafiz Ansari STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem Pakar, Forward Chaining, Diagnosa Kerusakan Motor.

Abstract

Tulisan ini memuat bagaimana melakukan diagnosa kerusakan pada motor Yamaha matic dengan menggunakan metode Forward Chaining dan Certainty Factor Sebagai tolak ukur tingkat kepercayaan dari sistem.

Forward Chaining sebuah metode Pencocokan fakta atau pernyataan dimulai dari bagian sebelah kiri. Dengan kata lain, penalaran dimulai dari fakta terlebih dahulu, lalu dicari rule yang sesuai dengan fakta – fakta dengan menginputkan dari macam kerusakan, ke fakta Gejala yang dirasakan pengguna untuk menguji kebenaran hipotesa sehinggga menghasilkan sebuah atau beberapa solusi.

Metode pengembangan sistem yang digunakan pada tulisan ini menggunakan waterfall. Adapun langkah – langkah dari waterfall itu sendiri yaitu: Kebutuhan Sistem, Spesifikasi Kebutuhan Sistem perangkat lunak, Design perangkat lunak, Implementasi perangkat lunak, Uji mesin formal, operasi dan perawatan sistem. Metode pe ngujian yang di gunakan di dalam tulisan ini menggunakan white box dan Black box.

Aplikasi yang dikembangkan digunakan untuk mengetahui gejala-gejala kerusakan dan mencari solusi yang tepat terhadap kerusakan yang dialami terhadap kendaraan roda dua jenis Yamaha merk mio soul pada Reza Jaya Motor Samarinda, agar teknisi dapat mengetahui segaja jenis kerusakan terdapat kendaraan yang masuk untuk diservice atau diperbaiki.

References

Anonim, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga Departemen Pendidikan dan kebudayaan dan balai pustaka, Jakarta.

Anonim, 2007, panduan service Yamaha mio soul.

Arhami, Muhammad, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta : Penerbit Andi

Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS. 2008, Microsoft Access 2007, Yogyakarta: Penerbit Andi offset

Fathansyah, 2004, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung.

Kristanto, 2003 Andri, Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya, Jakarta, Penerbit Gaya Media.

Kusrini, 2006, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Andi

Pressman, Roger, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku I), Yogyakarta : Penerbit Andi & McGraw-Hill Book Co.

Suparman, 2002 : Mengenal Artificial Intelegence, Andi Offset, Yogyakarta

Simarmata, Janner, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : Andi Offset.

Wahana Komputer Semarang, 2003, Tip & Trik Pemrograman Visual Basic 6.0, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Yuswanto, 2003, Pemrograman Visual Basic 6.0, Penerbit Informatika, Bandung.

Downloads

Published

2018-02-23

How to Cite

Yulsilviana, E. and Ansari, H. (2018) “SISTEM PAKAR KERUSAKAN MOTOR KENDARAAN RODA DUA JENIS YAMAHA MATIC PADA REZA JAYA MOTOR SAMARINDA”, Sebatik, 9(1), pp. 30–35. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/52 (Accessed: 19 April 2024).

Issue

Section

Articles