APLIKASI PENDATAAN SERVIS BARANG BERBASIS CLIENT SERVER PADA TOKO ACCURATE JAYA SANGATTA

  • Shinta Palupi STMIK Widya Cipta Dharma
  • Yulindawati Yulindawati STMIK Widya Cipta Dharma
  • Victor Sarangnga STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Servis Barang, Pendataan, Client Server

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pendataan servis barang berbasis client -server, aplikasi tersebut dibuat untuk mempermudah pendataan sekaligus kontrol terhadap barang yang akan diservis dan juga membantu karyawan agar pekerjaan dapat berlangsung lebih efisien dengan meminimalisir segala proses yang masih dilakukan secara manual.

Penelitian ini dilakukan pada Toko Accurate Jaya Computer di Jl. Yos Sudarso , Teluk Llingga Kota Sangatta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan dan studi pustaka. Untuk metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall. Untuk metode analisis dan desain sistem penulis menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Hierarchy Plus Input Output (HIPO), Entity Relationship Diagram (ERD) serta struktur Database input output system. Perangkat lunak yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrograman, Seagate Crystal Report 8 untuk pembuatan laporan, dan Microsoft Access 2007 untuk pembuatan database. Untuk Ujicoba/Testing Penulis Menggunakan Black Box dan White Box.

Dari hasil penelitian ini diperoleh sebuah aplikasi berbasis Microsoft Visual Basic 6.0 yang berbasis client-Server, yang bertujuan untuk mengatasi berbagai kendala dalam hal-hal yang menyangkut servis barang pada Toko Accurate Jaya, baik dalam hal pendataan barang masuk, pendataan pelanggan, inventarisasi biaya kerusakan, proses persetujuan servis dan konfirmasi kerusakan terhadap konsumen, hingga pembuatan laporan servis barang. Tujuan dari fungsi client -server pada aplikasi itu sendiri dimaksudkan agar data dapat diakses oleh semua karyawan, baik administrator maupun teknisi pada satu perangkat server sehingga tidak perlu dilakukan cross-check atau sinkronisasi data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amsyah, 2001, Data dan Informasi, Penerbit Andi Offshet, Yogyakarta

Andino Maseleno, 2003, Kamus Istilah Komputer dan Informatika, Edisi Ketiga, Penerbit Gaya Media, Jakarta.

Anonim, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga Departemen Pendidikan dan kebudayaan dan balai pustaka, Jakarta.

Bannock, Graham et al, 2003, Dictionary of Economics, Penguin Books.

Covington dan Downing, 2002, Application programming, Penerbit Bina Nusantara, Jakarta

Wahid, 2001, Application Programming Interface (API), Penerbit Gaya Media, Jakarta
Published
2018-02-26
How to Cite
Palupi, S., Yulindawati, Y. and Sarangnga, V. (2018) “APLIKASI PENDATAAN SERVIS BARANG BERBASIS CLIENT SERVER PADA TOKO ACCURATE JAYA SANGATTA”, Sebatik, 7(1), pp. 1-6. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/53 (Accessed: 15October2019).
Section
Articles