APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA

  • Tommy Bustomi STMIK Widya Cipta Dharma
  • Awang H. Kridalaksana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Fachruddin Fachruddin STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Bahasa Indonesia, Adobe Flash CS3, Multimedia, Pembelajaran

Abstract

Belajar Aplikasi Media Bahasa Indonesia berbasis multimedia, aplikasi yang didesain untuk memperkenalkan Dasar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu memperkenalkan dasar bahasa Indonesia, menggunakan multimedia yang terdiri dari animasi, suara dan teks sebagai demonstrasi bagaimana menulis surat. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash CS3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tinjauan pustaka, analisis data dan analisis teknologi. Metode analisis dan desain sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur Hierarki dan Storyboard.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binanto, Iwan. 2010. Mulitmedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Chandra, 2012. Action Script Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom

Dewi Ghea Putri Fatma. 2012, Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Widya Cipta Dharma.

Febian, dan Ahfansyah. 2013. Paket Super Lengkap Kurikulum TKA. Jakarta : KAWAHmedia

Madcoms, 2009. Adobe Flash Cs 4 untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pemungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Philipus, Erwin. 2008. 1st Step to be A Designer : Flash. Yogyakarta : Yescom

Saleh, R. 2006. Belajar Desain Adobe Photoshop CS2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Soetopo, Med Helyantini. 2010. Pintar Membaca. Jakarta : Erlangga For Kids

Soetopo, Med Helyantini. 2010. Pintar Menulis. Jakarta : Erlangga For Kids

Sunyoto, Andi, 2010, Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Aplication. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahana Komputer. 2012. Beragam Desin Game Edukasi Denga Adobe Flash CS5. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wahana Komputer. 2008. Desain Komik dengan CorelDRAW X4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahana Komputer. 2010. Adobe Flash CS5 untuk Membuat Animasi Kartun. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wibhowo, Crhistine dan Sanjaya, Ridwan. 2011. Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan

Teknologi Informatika. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2018-02-26
How to Cite
Bustomi, T., H. Kridalaksana, A. and Fachruddin, F. (2018) “APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA”, Sebatik, 10(1), pp. 1-7. Available at: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/58 (Accessed: 15October2019).
Section
Articles