PEMBELAJARAN BANGUN RUANG AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID

Authors

  • Muhammad Irwan Ukkas STMIK Widya Cipta Dharma
  • Reza Andrea STMIK Widya Cipta Dharma
  • Dharma Deny STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Android, Augmented Reality,Marker Based Tracking, Pembelajaran Bangun Ruang.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk membangun pembelajaran bangun ruang augmented reality dengan metode marker based tracking berbasis android yang nantinya penelitian ini berhasil bisa membantu SMP Negeri 5 Samarinda dalam melakukan proses pembelajaran mata pelajaran matematika.

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tentang pembelajaran bangun ruang. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke SMP Negeri 5 Samarinda. Metode pengembangan multimedia yang digunakan meliputi dari konsep, desain, pengumpulan data, pembuatan, pengujian dan distribusi.

Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa pembelajaran bangun ruang augmented reality dengan metode marker based tracking berbasis android yang dapat menyajikan pembelajaran bangun ruang yang mudah dimengerti oleh user, yang dapat menjadi salah satu media alternatif atau alat peraga untuk pembelajaran mata pelajaran matematika untuk tingkat SMP.

References

Ardhianto, Eka, dkk. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Vol 17. Semarang: Universitas Stikubank.

Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories. Chapel Hill : University of North Carolina.

Bimber, O. 2005, Spatial Augmented Reality Merging Real and Virtual Worlds. A.K Peters Ltd.

Chari, dkk. 2008, Augmented Reality Using Over Segmentation : Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.

Djumanta, Wahyudin. 2008, Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk SMP/MTS Kelas IX. Departemen Pendidikan Nasional.

Erwin, dkk. 2014. Perpaduan Teknik Pemetaan Pikiran dengan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Marker Tracking untuk Media Pembelajaran, Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya.

Haller, Michael. Billinghurst, Mark. Thomas, H, Bruce. 2010. Emerging Technologies of Augmented Reality. London : Idea Group Publishing.

Hudojo, Herman. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press.

Nazruddin, Safaat, H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Pressman, R. 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York : McGraw-Hill.

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Vaughan, Tay. 2011. Multimedia : Making It Work 8th Edition. New York : McGraw Hill.

Villagomez. G. 2010. Augmented Reality. Kansas :University of Kansas.

Yan, dkk. 2011. Research on Augmented Reality Display Method of Scientific Exhibits : Digital Entertaiment Research Center. China : Nanjing Normal University

Downloads

Published

2016-01-01

How to Cite

Ukkas, M. I., Andrea, R. and Deny, D. (2016) “PEMBELAJARAN BANGUN RUANG AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID”, Sebatik, 15(1), pp. 12–18. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/70 (Accessed: 20 April 2024).

Issue

Section

Articles