PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN MATAKULIAH ETIKA PROFESI PADA STMIK WICIDA BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Nursobah Nursobah STMIK Widya Cipta Dharma
  • Azahari Azahari STMIK Widya Cipta Dharma
  • Andi Wahyudi STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1223

Keywords:

Etika Profesi, Aplikasi Pembelajaran, Fisher Yates

Abstract

Penelitian ini membuat bagaimana menerapkan algoritma fisher yates pada sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan Matakuliah Etika Profesi yang membahas Materi Etika Profesi.Pada aplikasi pembelajaran pengenalan Matakuliah Etika Profesi menggunakan tahapan pengembangan multimedia dan juga menggunakan algoritma fisher yates, dimana didalam tahapan pengembangan multimedia ada enam tahapan yaitu Konsep, Desain, Pengumpulan Materil, Penyusunan, Tes Dan Distribusi. Adapun alat bantu pengembangan sistemnya menggunakan  flowchart dan storyboard.Penelitian ini menggunakan Algoritma Fisher-Yates yang berguna untuk mengacak soal pada latihan soal yang terdapat pada aplikasi. Adapun data yang digunakan adalah data dari dosen yang bersangkutan yaitu tentang materi etika profesi serta algoritma Fisher-Yates dan Multimedia.

References

Arsyad, 2011, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia digital dasar teori pengembangannya. Yogyakarta : Andi.
Dhanta, 2009, Kamus Istilah Komputer Grafis & Internet. Surabaya :Indah. Febrian, Jack. 2007, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung : Informatika.
Hasan, & Zamzami, Z. (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates UntukMengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Lancang Kuning Riau). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 291-298..
Jurharni, 2017, Aplikasi Media Interaktif Pengenalan Planet Berbasis Multimedia,Penelitian tidak diterbitkan, Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma Samarinda.
Musfiqon. 2012 Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran, Jakarta :PT. Prestasi Pustakaraya.
Nurul Lail Fitratunnida (2018), Membangun Aplikasi Simulasi Perwalian Mahasiswa STMIK WICIDA CIPTA DHARMA Dengan Implementasi AlgoritmaFisher Yates Shuffle Pada Pengacakan Soal Kuis, Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma Samarinda.
Ora, Yoakim Meticulos Dirgantara Ora (2017), Implementasi Algoritma Fisher Yates Pada Media Interaktif Pengenalan Nama-Nama Negara Di Benua Berbasis Multimedia.Jurusan Teknik Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma Samarinda.
Rahmad, Susantos. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Ratumanan, T.G.2015 Belajar dan pembelajaran. Surabaya:Unesa. Universitas Press.Mayer, R. E, 2009, Multimedia Learning : Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Yatini, Indra, 2010. Flowchart, Algoritma dan Pemrograman Menggunakan C++ Builder. Jakarta : Graha Ilmu

Downloads

Published

2019-01-01

How to Cite

Nursobah, N., Azahari, A., & Wahyudi, A. (2019). PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN MATAKULIAH ETIKA PROFESI PADA STMIK WICIDA BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal Informatika Wicida, 8(1), 31–36. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1223

Most read articles by the same author(s)