IMPLEMENTASI ALGORITMA STRING MATCHING UNTUK MENGIDENTIFIKASI KATA/KALIMAT DALAM JUZ 30 BERBASIS ANDROID

Authors

  • Hanifah Ekawati Manajemen Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Pitrasacha Aditya Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Fariz Mirza Ahmad Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Aplikasi, identifikasi, juz amma, algoritma String Matching, Android

Abstract

Aplikasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kata/kalimat dalam juz 30 berbasis Android yang dapat  membantu kaum muslimin untuk proses menghafal surah dalam Al-Qur’an terutama juz 30. Desain Sistem dari Aplikasi untuk Mengidentifikasi Kata/Kalimat Dalam Juz 30 Menggunakan Algoritma String Matching Berbasis Android ini menggunakan Unifield Modeling Language (UML) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall. Pengujian Sistem yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Pengujian Black Box.Penelitian ini menghasilkan Aplikasi untuk Mengidentifikasi kata/kalimat dalam Juz 30 Menggunakan Algoritma String Matching berbasis Android ini diharapkan Agar dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang terkait, agar dapat mempermudah mencari suatu surah yang sedang dilantunkan oleh seseorang.

References

Aan STMIK Budi Darma, M., & Buulolo, E. (2016). Determination of Education Scholarship Recipients Using Preference Selection Index View project Decision Support Systems View project. https://www.researchgate.net/publication/31424523.
Akhtar Rasool, A. T. G. S. K. (2012). String Matching Methodologies:A Comparative Analysis. (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies. http://www.ijcsit.com/docs/Volume 3/Vol3Issue2/ijcsit2012030219.pdf.
Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. JURNAL INFORMATIKA, 66-69.
Matondang, Z. A. (2018). Implementasi Algoritma String Matching Pencarian Kata Dari Makna Rambu Lalulintas Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1). https://doi.org/10.1234/JSIK.V2I1.93.
Purba, A. R., Ginting, G. L., & Ikhwan, I. (2021). Implementasi Algoritma String Matching Pada Pencarian Arti Istilah-Istilah Pramuka Berbasis Mobile. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 6(4), 384–388. http://www.stmik-budidarma.ac.id/ejurnal/index.php/pelita/article/view/778.
Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Ekawati, H., Aditya, P., & Ahmad, F. M. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA STRING MATCHING UNTUK MENGIDENTIFIKASI KATA/KALIMAT DALAM JUZ 30 BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Wicida, 13(1), 8–15. Retrieved from https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/informatika/article/view/2201