PENDIDIKAN ANTI KORUPSI KEPADA ANAK USIA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) TUJUAN 16 TARGET 5

PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1085

Keywords:

SDGs, Korupsi, Sekolah, Anak, Tujuan 16

Abstract

Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 16 berusaha untuk mencapai kehidupan masyarakat yang damai dan inklusif  untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif disemua tingkatan. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, telah disusun beberapa target. PKM ini dilakukan sebagai untuk mencapai sasaran ke 5 yaitu secara substansial mengurangi korupsi dan suap dalam segala bentuknya. Isu korupsi dan suap di Indonesia telah menjadi permasalahan yang serius. RPJMN secara eksplisit mengakui bahwa korupsi merupakan hambatan utama untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Tindakan korupsi dan suap bisa dicegah dengan memberikan pendidikan sejak dini. Kegiatan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Musyarrofah dilakukan untuk mengenalkan pentingnya gerakan anti korupsi dan suap dalam segala bentuknya kepada masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah. Kegiatan yang dilakukan melalui bentuk seminar dan diskusi kelompok ini diikuti oleh 43 siswa pengurus OSIS MTs Al Musyarrofah. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta menyampaikan bahwa sikap jujur, penguatan Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) serta ketegasan penegakan hukum dapat mencegah dan meminimalisir tindak suap dan korupsi.

References

Abubakar, A., Prasojo, E., & Jannah, L. M. (2017). Collaborative Governance in Eradicating Corruption in Indonesia: Challenges and Opportunities. In 1st International Conference on Administrative Science, Policy and Governance Studies (ICAS-PGS 2017) (pp. 160-166). Atlantis Press.
Amedi, A. M. (2018). Analisis Politik Hukum Pendidikan Dasar di Indonesia Demi Menyongsong Era Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Padjadjaran Law Review, 6.
Badan pusat statistik, (2014), Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bappenas (2015). Rencana Pembangunan Nasional Jangka Menengah 2015-2019. Jakarta: Bappenas
Biermann, F., Kanie, N., & Kim, R. E. (2017). Global governance by goal-setting: the novel approach of the UN Sustainable Development Goals. Current Opinion in Environmental Sustainability, 26, 26-31.
Fukuda-Parr, S. (2016). From the Millennium Development Goals to the Sustainable Development Goals: shifts in purpose, concept, and politics of global goal setting for development. Gender & Development, 24(1), 43-52.
Hope, K. R. (2020). Corruption Reduction as a Target of the Sustainable Development Goals: Applying Indicators and Policy Frameworks. In The Emerald Handbook of Crime, Justice and Sustainable Development. Emerald Publishing Limited.
Irwansyah, I. (2018). How Indonesia media deal with Sustainable Development Goals. In E3S Web of Conferences (Vol. 74, p. 08014). EDP Sciences.
Izza, L. (2019). Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi pada Anak untuk Membentuk Karakter Melalui “Semai Games” Di MDTA Rabithatul Ulum Pekanbaru. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 2(2), 84-95.
Lestari, D. P. (2018). Peningkatan Perilaku Anti Korupsi Melalui Metode Story Telling. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 17-30.
Nugraha, S. A. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158-176.
Profil PONDOK PESANTREN AL-MUSYARROFAH. (2020). https://www.almusyarrofah.sch.id/#
Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran Scl (Student Centered Learning) Dan Tcl (Teacher Centered Learning) Pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya Angkatan Tahun 2014 “2015. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66-74.
Rulandari, N. (2021). Study of Sustainable Development Goals (SDGS) Quality Education in Indonesia in the First Three Years. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2702-2708.
Simanjuntak, Familia Novita. (2017). "Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan." Jurnal Dinamika Pendidikan 10, no. 2 169-195.
Thamrin, H. (2020). Educational Aspects in Efforts to Realize SDGs in Indonesia. Saudi Jurnal.
Unang, M.U. (2017). Anak, Perempuan dan Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Unila.
UNDP Indonesia, November (2015). Konvergensi Agenda Pembangunan Nawa Cita, RPJM, dan SDGs, Jakarta: UNDP Indonesia.
United Nations Development Programme. (2017). Human Development Reports. http://www.hdr.undp.org/en
Wijaya, M. M. (2020). Sosialisasi Penanaman Mindset Pendidikan Anti Korupsi Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Peraturan Walikota Bogor No. 28 Tahun 2019 Tentang Penyelengaraan Pendidikan Anti Korupsi. Pakuan Law Review, 6(2), 123-146.

Published

2021-06-01

How to Cite

Witarti, D. I., Puspitasari, A. and Fithriana, A. (2021) “PENDIDIKAN ANTI KORUPSI KEPADA ANAK USIA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) TUJUAN 16 TARGET 5: PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT”, Sebatik, 25(1), pp. 208–213. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1085.

Issue

Section

Articles