ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM EVALUASI PELATIHAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Authors

  • Vina Zahrotun Kamila Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman
  • Eko Subastian Program Studi Pendidikan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Keywords:

Sistem Informasi, Evaluasi Pelatihan, Web-Based, Rule-Based

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahulu yang bertujuan untuk menganalisis dan merancang Sistem Evaluasi Pelatihan Tenaga Kependidikan sebelum diimplementasikan dan diuji di penelitian lanjut. Sistem Evaluasi Pelatihan Tenaga Kependidikan adalah sebuah sistem yang diajukan peneliti untuk melakukan kegiatan evaluasi pelatihan tenaga kependidikan untuk memudahkan dalam melakukan penilaian/ assessment kegiatan pelatihan berikutnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menjadi pertimbangan dalam mengimplementasikan rancangan sistem evaluasi tenaga kependidikan dan diaplikasikan di lingkungan Universitas Mulawarman. Metode basis aturan digunakan untuk mengklasifikasikan hasil evaluasi program pelatihan. Pelatihan yang akan dievaluasi adalah pelatihan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi. Evaluasi pelatihan menggunakan dua sumber data evaluasi, yakni data kuesionerkuesioner kepuasan peserta dan data nilai pre-test, post-test dari peserta. Dengan aturan pada metode basis aturan yang ditetapkan oleh pengelola, proses evaluasi menghasilkan status pelatihan, yaitu kurang efektif, cukup efektif dan sangat efektif. Perancangan sistem berfokus pada sistem berbasis web (web-based). Perancangan sistem tidak sekedar berfokus pada pendaftaran dan pengumuman kelas pelatihan, melainkan berfokus pada evaluasi. Tahapan analisis dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional dan digambarkan dengan use case diagram. Sedangkan tahap perancangan meliputi perancangan basis data dan perancangan antarmuka/ interface. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rancangan Sistem Evaluasi Pelatihan Tenaga Kependidikan berbasis web sangat mungkin untuk diimplementasikan. Selanjutnya masih diperlukan penelitian lanjut untuk diuji penggunaannya nanti ketika diterapkan di lingkungan perguruan tinggi, khususnya di Universitas Mulawarman.

References

Christie, C. A. and Fierro, L. A. (2012) ‘Evaluation policy to implementation: An evaluation of scientifically based research in practice’, Studies in Educational Evaluation, 38(2), pp. 65–72. doi: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2012.05.003.
Cohen, M.-D., Kelly, C. B. and Medaglia, A. L. (2001) ‘Decision support with Web-enabled software’, Interfaces, 31(2), pp. 109–129.
Etikasari, B. dkk. (2020) ‘Sistem Informasi Deteksi Dini Covid-19’, Jurnal Teknik Elektro Dan KOmputer, 9(2), pp. 101–108.
Fadhilah, K. N., Wahyudiono, S. and Waluyo, S. (2018) ‘Sistem Informasi Pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Magelang’, JURNAL TRANSFORMASI, 13(2).
Kamila, V. Z. and Subastian, E. (2016) ‘SISTEM INFORMASI EVALUASI PELATIHAN BIDANG KESEHATAN BERBASIS MODEL EVALUASI KIRKPATRICK’, in SCIENCE AND ENGINEERING NATIONAL SEMINAR 2 (SENS 2), Universitas PGRI Semarang, pp. 178–187.
Kirkpatrick, D. L. (2009) Evaluating Training Programs: The Four Levels. ReadHowYouWant.com, Limited. Available at: https://books.google.co.id/books?id=4rYs1wnyUHUC.
Kristania, Y. M. (2017) ‘Sistem Informasi Pelatihan Mobil Pada Citra Indotech Jaya Purwokerto Berbasis Desktop’, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1).
Liao, S.-H. (2005) ‘Expert system methodologies and applications—a decade review from 1995 to 2004’, Expert systems with applications, 28(1), pp. 93–103.
Liu, L. and Özsu, M. T. (2009) Encyclopedia of database systems. Springer New York, NY, USA:
Nurhasan, U. dkk. (2020) ‘Implementasi Metode MVC untuk Pembangunan Sistem Informasi Pelatihan Kerja: Studi Kasus UPT Pelatihan Kerja Singosari’, Jurnal Eksplora Informatika, 10(1), pp. 20–31.
Rahimin, D. (2015) ‘Training Registration System: Design Concept and Benefits’, Technology, 1(1), pp. 23–28.
Schewe, K.-D. and Thalheim, B. (2005) ‘Conceptual modelling of web information systems’, Data & knowledge engineering, 54(2), pp. 147–188.
Somya, R. and Nathanael, T. M. E. (2019) ‘Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Menggunakan Teknologi Web Service Dan Framework Laravel’, Jurnal Techno Nusa Mandiri, 16(1), pp. 51–58.

Published

2020-12-18

How to Cite

Kamila, V. Z. and Subastian, E. (2020) “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM EVALUASI PELATIHAN TENAGA KEPENDIDIKAN”, Sebatik, 24(2), pp. 149–158. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1125 (Accessed: 25 April 2024).