SUMBER DAYA MANUSIA SEKTOR UMKM DI KALA PANDEMI COVID-19

  • Pandu Adi Cakranegara Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Presiden
  • Dedi Rianto Rahadi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Presiden
Keywords: Tenaga Kerja, Pandemi, Usaha Kecil, Tasikmalaya

Abstract

Tenaga kerja merupakan sumber daya yang penting untuk dikelola bagi perusahaan untuk memperoleh keunggulan dalam bersaing. Ketika pandemi Covid-19 datang maka banyak perusahaan besar memutus hubungan kerja dengan karyawannya untuk mempertahankan bisnisnya yang turun akibat penurunan penjualan. Bagi perusahaan kecil ini bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Tidak mudah bagi usaha kecil untuk mencari sumber daya manusia yang mau bekerja di sektor usaha kecil. Ada beberapa alasan antara lain tidak adanya pendidikan dan pelatihan yang mempersiapkan seorang pekerja untuk siap bekerja di sektor tenaga usaha kecil dan kompensasi di sektor usaha kecil yang lebih rendah daripada di sektor manufaktur. Penelitian ini secara khusus melihat bagaimana pandemi mempengaruhi sektor usaha kecil terutama di Tasikmalaya. Sektor usaha kecil di Tasikmalaya dipilih karena sektor usaha kecil tersebut masih bersifat tradisional dan mengandalkan konsumsi orang lokal dan tenaga kerja lokal untuk dapat berproduksi. Ketika pengusaha kecil memutuskan  hubungan kerja ia tidak dapat begitu saja mencari tenaga kerja dari tempat lain untuk bekerja. Selanjutnya pemutusan hubungan kerja akan memberi pengaruh yang lebih besar lagi saat pandemi telah berakhir dan ketika hendak beroperasi dalam kapasitas penuhnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Dari wawancara yang dilakukan dengan pengusaha kecil dan para pekerja yang diputus hubungan kerja diperoleh beberapa hal. Pertama diperlukan sebuah kesamaan sudut pandang dalam menghadapi pandemi. Kedua pengusaha dan pekerja memiliki hubungan mutualisme dan saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu penelitian ini menyarankan agar kedua belah pihak menjalin hubungan dan bersama-sama mencari solusi untuk dapat melewati masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Ekonika J. Ekon. Univ. kadiri, 4(1), 1.
Anggi. (2020, June 3). COVID-19 'Serang' Pelaku UMKM, Pemerintah Siapkan Stimulus Rp 34 T. Retrieved November 30, 2020, from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5038635/covid-19-serang-pelaku-umkm-pemerintah-siapkan-stimulus-rp-34-t
Fadjarajani, S., Hendriawan, N., & Asari, R. (2019, March). Modeling of Ecotourism Development in Tasikmalaya District, West Java. In International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities (ISSEH 2018). Atlantis Press.
International Labor Organization. (2020). Report on Indonesia
Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.
Magretta, J. (2011). Understanding Michael Porter: The essential guide to competition and strategy. Harvard business press.
Kemenaker dan LD FEB UI. (2020), Survey Online: Dampak COVID 19 Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.
Rakhma, Sakina dan Dian Setiawan (2020, 17 April). Sebanyak 37.000 UMKM terdampak virus Corona. https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona
Ratnasari, S. L., & SE, M. (2019). HUMAN CAPITAL (Manajemen Sumber Daya Manusia). Penerbit Qiara Media.
Teruna Awaloedin, D., Nurhilaludin, N., & Hanifa, M. Strategi Menghadapi Dampak Pandemi covid-19 terhadap Usaha Kecil dan Menengah.
World Bank. (2020). Report on Indonesia
Published
2020-12-17
How to Cite
Cakranegara, P. and Rahadi, D. (2020) “SUMBER DAYA MANUSIA SEKTOR UMKM DI KALA PANDEMI COVID-19”, Sebatik, 24(2), pp. 315-320. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1126 (Accessed: 19April2021).

Funding data