PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR WILAYAH JAKARTA SENAYAN (Dengan Metode Survey Explanative)

  • Siti Nur Amanah Politeknik STIA LAN Jakarta
Keywords: Pengembangan SDM, Pelatihan , Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan

Abstract

Pengembangan SDM melalui pelatihan di Bank BNI ini merupakan bagian dari manajemen intern perusahaan. Sebagai bagian yang memberikan pengaruh besar pada perusahaan, hal ini pastinya tidak bisa dianggap sepele. Selain itu motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti adakah pengaruh pelatihan serta motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. BNI Kantor Wilayah Jakarta Senayan, dengan menggunakan satu variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan serta dua variabel bebas yaitu Pelatihan dan Motivasi Kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pelatihan terhadap kinerja dengan koefisien regresi sebesar 1.345 dan adanya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dengan koefisien regresi sebesar 1,238 serta menghasilkan kontribusi Pelatihan terhadap kinerja sebesar 43%, dan  kontribusi Motivasi Kerja terhadap kinerja sebesar 55,8%. Sedangkan kontribusi Pelatihan dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap kinerja sebesar 62,8%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kontribusi Pelatihan memperoleh hasil terkecil dibandingkan dengan Motivasi, untuk itu disarankan perlunya perhatian terhadap Pelatihan Karyawan di PT. BNI Kantor Wilayah Jakarta Senayan, salah satunya dengan meningkatkan kegiatan pelatihan hendaknya bisa terus dilaksanakan dengan adanya beberapa peningkatan, baik secara metode maupun materi Diktat serta pelaksanaannya diberikan secara continue disesuaikan dengan tingkat pekerjaan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, W. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. In Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. In Bandung: PT Refika Aditama.
Moeheriono, E., & Si, D. M. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Khan, M. 2012. The Impact of Training and Motivation of Performance of Employees. Business Review, 7(2).
Omollo, P. A., & Oloko, M. A. 2015. Effect of motivation on employee performance of commercial banks in Kenya: A case study of Kenya Commercial Bank in Migori County. International journal of human resource studies, 5(2), 87-103.
Kirana, K. C., & Ratnasari, R. T. 2017. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM). In Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Robins, stephen. p. 2014. Teori Budaya Organisasi. In Jakarta: Gramedia.
Sinambela, L. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia:Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jurnal Populis, 2(4), 579–596.
Sugiyono. 2010a. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010b. Metodologi Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatifa, kualitatif dan R&D. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode dan Prosedur Penelitian. E-Journal.
Suwanto, & Priansa, D. J. 2016. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis.pdf. In Bandung: Alfabeta.
Vincent, M. 2020. Impact of Training and Development on Employee Job Performance in Nigeria. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 05(05), 265–268. https://doi.org/10.36348/sjhss.2020.v05i05.004
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widodo, S. E. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widodo, S. E. 2017. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Jaya Media.
Zainal, V. R. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2020-12-17
How to Cite
Amanah, S. (2020) “PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR WILAYAH JAKARTA SENAYAN (Dengan Metode Survey Explanative)”, Sebatik, 24(2), pp. 259-266. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1139 (Accessed: 19April2021).