ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Keywords:

Segmentasi, Targeting, Positioning, Promosi Pemasaran, UMKM, Bengkayang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pentingnya segmentasi, tergenting, positioning dan promosi pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Bengkayang, sehingga dapat memudahkan menyusun strategi pemasaran. Pasar dapat dipetakan berdasarkan geografis, demografis, kelas ekonomi, psikografis. Membidik pasar mana yang dituju agar program pemasaran perusahaan sesuai dengan karakteristik. Penempatan produk di benak konsumen melalui kinerja produk, pelayanan, harga, inovasi produk agar konsumen selalu menggunakan produk kita. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Bengkayang terdiri dari bermacam macam jenis usaha dan selama ini usaha yang mereka jalankan belum fokus pada target market berdasarkan karakteristik wilayah, demografi, psikografis, pasar yang dituju belum terarah masih memusatkan pada pasar secara menyeluruh, sementara dalam melayani pasar produk yang diunggulkan masing-masing UMKM masih kurang, kualitas pelayanan masih terbatas. Program pemasaran dalam segi promosi belum begitu dijalankan dengan baik, karena minimnya pengetahuan dan strategi yang dijalankan untuk menghadapi pasar masih sebatas jual dan laku belum mengarah kepada pengembangan usaha untuk bersaing. Jenis penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode dalam penelitian ini yaitu dengan melaksanakan observasi ke lapangan, dengan mendatangi beberapa UMKM yang bergerak di bidang usaha dagang, jasa keuangan, toko kelontong, kedai kopi, sebagai sampel, serta studi literatur, dokumentasi, sehinga dapat diperoleh data untuk dianalisis guna mengetahui penerapan segmentasi, targeting, positioning dan promosi pemasaran untuk meningkatkan perkembangan UMKM di kota Bengkayang.

References

Assari, S. (2013). Manajemen Pemasaran, Dasar Dan Konsep. Jakarta: CV Rajawali.
Boon, K. (. (2008). Contemporary Marketing 14 th. New York: Sount-West.
Durianto, D. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Rset Ekuitas dan Prilaku Merk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Durianto, dkk. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Rset Ekuitas dan Prilaku Merk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fandy, T. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.
Fanggidae, A. H. (2006). Strategi Pemasaran Pariwisata: Segmentation ,target market ,positioning,dan marketing mix. Kupang: Fisip Universitas Nusa Cendang.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing. Edward Elgar Publishing.
Kotler, P. (2011). Grundlagen des marketing (Vol. 1). Pearson Deutschland GmbH.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Maliki, Z. (2018). Sosiologi politik: makna kekuasaan dan transformasi politik. UGM PRESS.
Manggu, B., & Beni, S. (2019). Pelaksanaan E-Mar Keting Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Stragi Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM Di Kota Bengkayang Kalimantan Barat. Sebatik, 23(2), 455-461.
Rismiati, E. C., & Suratno, I. B. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Penerbit Kanisius.
Sihotang, J. P. (2017). Analisis Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pada Perushaan Asuransi Pt. (persero) Jiwasraya, Pekanbaru. JOM FISIP, IV (STP), -.
Stanton, W., J. (2013). Prinsip Pemasaran Jild 1 Edisi 10. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang No. 70 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah . n.d.
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(03), 175-190.

Published

2021-06-01

How to Cite

Manggu, B. and Beni, S. (2021) “ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG”, Sebatik, 25(1), pp. 27–34. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1146.

Issue

Section

Articles