PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT CIRILL INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1169

Keywords:

Sumber Daya Manusia , Sistem Pendukung Keputusan, Metode Simple Additive Weighting, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan bagian yang paling penting di dalam sebuah perusahaan, kinerja karyawan menentukan keberhasilan pada perusahaan, semakin baik kinerja karyawan maka semakin besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak perusahaan terutama bagian HRD dalam melakukan penilaian kinerja karyawan secara terstruktur, tidak bersifat subjektif dan akurat. Metode penelitian ini yang digunakan terdiri dari dua yaitu metode pengambilan data dan metode perhitungan data penilaian kinerja karyawan. Metode pengambilan data terdiri dari teknik wawancara untuk mendapatkan kriteria – kriteria perhitungan data, sedangkan Metode perhitungan data  yang digunakan adalah metode SAW (simple additive weighting) yang merupakan salah satu metode sistem pendukung keputusan yang banyak diterapkan di beberapa kasus sistem pendukung keputusan dan kriteria yang digunakan terdiri dari Kehadiran, kerja sama, komitmen, kepemimpinan, ketepatan target kerja, dan sikap atau etika. Kriteria yang digunakan ini didapat dari hasil wawancara penelitian kepada pihak perusahaan, dan referensi dari beberapa jurnal terkait. Metode SAW memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan, diantaranya adalah menghitung data alternatif yang digunakan pada penelitian ini diambil sampel data alternatif sebanyak 10 sampel dengan sistem random sampling, tahap kedua setelah mendapatkan data alternatif dilakukan normalisasi data alternatif berdasarkan kriteria, setelah hasil normalisasi di dapat, tahapan selanjutnya adalah perhitungan pemeringkatan dari setiap data alternatif dan di dapatlah nilai tertinggi sampai terendah dari perhitungan metode SAW. Hasil dari implementasi penelitian ini adalah metode SAW telah berhasil melakukan pemeringkatan dari data alternatif penilaian kinerja karyawan berdasarkan nilai tertinggi yang di dapat dari perhitungan metode SAW. 

References

Achmad, Y. F., & Laday, R. K. 2018. Sistem Pendukung Keputusan dalam Penentuan Lulusan Terbaik menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal Jakarta). In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SEMNASTIK) (Vol. 1, No. 1, pp. 196-202)..
Anto, A. G., Mustafidah, H. dan Suyadi, A. 2015. ‘Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW (simple additive weighting) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto’, JUITA, III(4), pp. 193–200.
Hardianti, M., Hidayatullah, R., Pratiwi, F., & Hadiansa, A. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Informatika, 9(2), 70-77.
Loekito, L. H. 2020. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada universitas XYZ. Jurnal ilmu komputer indonesia, 5(1), 6-12.
Masri, M. 2016 ‘Penentuan Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (PDAM Tirta Silaupiasa)’, JET (Journal of Electrical Technology), 1(1), pp. 36–41. Available at: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/187.
Mujiastuti, R., 2017 ‘Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)’, Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9(2), pp. 133–141.
Ramesh. Delen Sharda (Dursun. Turban, Efraim.). 2020. Analytics, Data Science, & Artificial Intelligence: Systems For Decision Support, Global Edition. Pearson Education Limited.
Sukanto, P. S. (2018) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pt Harjamukti Jaya Mandiri Menggunakan Metode Simple Additive Weighting’, JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 5(1), pp. 109–118. doi: 10.35957/jatisi.v5i1.121.
Warmayudha, I. P. E. and Komarudin. 2017. ‘Penilaian Kinerja Karyawan Di Itenas Dengan Menggunakan Metode Saw Berbasis Website’, Repository Nusamandiri, 13(2), pp. 106–111. Available at: https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/repo/viewitem/6315.
Waskito, R. R., Setya, B. and Daryanto. 2018. ‘Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Ptpn Xii Perkebunan Malangsari’, 10, pp. 497–504.

Published

2021-06-01

How to Cite

Achmad, Y. F., Laday, R. K. and Kusuma, D. A. P. (2021) “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT CIRILL INDONESIA”, Sebatik, 25(1), pp. 214–220. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1169.

Issue

Section

Articles