ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL
[Please do not cite this paper until June 2021]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas pemasangan iklan pada media sosial Tiktok. Obyek penelitian adalah lembaga pendidikan tinggi yang melakukan promosi pada media sosial Tiktok di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan EPIC Model, yang terdiri dari dimensi Emphaty, dimensi Persuasion, dimensi Impact dan dimensi Communication. Output yang dihasilkan pada penelitian ini menyatakan, bahwa nilai rata-rata dimensi Emphaty 3,355 yang berarti cukup efektif. Audien merasa senang mendapatkan informasi program studi, keunggulan dan prospek karir yang ditawarkan melalui penayangan iklan pada media sosial Tiktok. Pemasangan iklan pada media sosial Tiktok sangat efektif untuk mempengaruhi responden, dengan rata-rata dimensi persuasion 3,87, dimensi impact memberikan dampak efektif kepada responden, dengan nilai rata-ratanya 4.04. Iklan dalam bentuk teks, audio, video dan gambar ilustrasi efektif yang mengkomunikasikan program studi pada lembaga pendidikan tinggi, dan didesain secara kreatif, memberikan nilai rata-rata dimensi communication 3,65. Nilai EPIC rate pada keempat dimensi adalah 3,73 yang berarti efektif. Kontribusi terbesar yang mempengaruhi efektifitas iklan lembaga pendidikan tinggi pada media sosial Tiktok adalah IMPACT. Informasi menjadi hal yang penting bagi responden, dalam mendalami program studi yang ada pada lembaga pendidikan tinggi. Dengan demikian Tiktok merupakan salah satu new media yang efektif untuk mendukung keberhasilan program pemasaran.
Downloads
References
https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Carlos José Borba Valiente. (2012). No Titleااااا.
Erminati Pancaningrum, & Wahyu Ari Rahayu. (2017). The Effectiveness of Facebook as an Advertising Strategic Method Using EPIC: A Case Study of Mie Jupe Jombang.1506/2017.07.001 https://doi.org/10.17265/1537-1506/2017.07.001
Essraningtiyas, M., Kusyanti, A., & Herlambang, A. D. (2018). Iklan Online di Media Sosial : Risiko dan Kepercayaan Pengguna terhadap Iklan Online di Line@ dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) Studi Kasus : Line@ Berrybenka Maharani.
Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 99.
https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5075
Indrawati, K. A. P., Sudiarta, N. I., & Suardana, W. I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484
Jerry C. Olson dan Peter (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Salemba empat. Jakarta.
Kotler Phillip, Keller. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. & Gary A. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lister, et al. (2009). New Media: A Critical Introduction. Abingdon, Oxon: Routledge.
Sastika, W. (2018). Epic Model: Pengukuran Efektivitas Iklan Kuliner Melalui Sosial Media Instagram @Kulinerbandung Sebagai Media Promosi. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, 1(01), 21. https://doi.org/10.25124/jtim.v1i01.1531
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
The copyright of this article is transferred to SEBATIK and STMIK Widya Cipta Dharma, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the SEBATIK. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to SEBATIK. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.