ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL

[Please do not cite this paper until June 2021]

  • Siswo Martono Universitas Dinamika
  • Hardman Budiarjo DIV Produksi Film dan Televisi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika
Keywords: Tiktok, Emphaty, Persuasion, Impact, Communication

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas pemasangan iklan pada media sosial Tiktok. Obyek penelitian adalah lembaga pendidikan tinggi yang melakukan promosi pada media sosial Tiktok di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan EPIC Model, yang terdiri dari dimensi Emphaty, dimensi Persuasion, dimensi Impact dan dimensi Communication. Output yang dihasilkan pada penelitian ini menyatakan, bahwa nilai rata-rata dimensi Emphaty 3,355 yang berarti cukup efektif. Audien merasa senang mendapatkan informasi program studi, keunggulan dan prospek karir yang ditawarkan melalui penayangan iklan pada media sosial Tiktok. Pemasangan iklan pada media sosial Tiktok sangat efektif untuk mempengaruhi responden, dengan rata-rata dimensi persuasion 3,87, dimensi impact memberikan dampak efektif kepada responden, dengan nilai rata-ratanya 4.04. Iklan dalam bentuk teks, audio, video dan gambar ilustrasi efektif yang mengkomunikasikan program studi pada lembaga pendidikan tinggi, dan didesain secara kreatif, memberikan nilai rata-rata dimensi communication 3,65. Nilai EPIC rate pada keempat dimensi adalah 3,73 yang berarti efektif. Kontribusi terbesar yang mempengaruhi efektifitas iklan lembaga pendidikan tinggi pada media sosial Tiktok adalah IMPACT. Informasi menjadi hal yang penting bagi responden, dalam mendalami program studi yang ada pada lembaga pendidikan tinggi. Dengan demikian Tiktok merupakan salah satu new media yang efektif untuk mendukung keberhasilan program pemasaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel, I. (2019). Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia BENARKAH IKLAN ONLINE EFEKTIF UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROMOSI PERUSAHAAN. 13(1), 28–36.
https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Carlos José Borba Valiente. (2012). No Titleااااا.
Erminati Pancaningrum, & Wahyu Ari Rahayu. (2017). The Effectiveness of Facebook as an Advertising Strategic Method Using EPIC: A Case Study of Mie Jupe Jombang.1506/2017.07.001 https://doi.org/10.17265/1537-1506/2017.07.001
Essraningtiyas, M., Kusyanti, A., & Herlambang, A. D. (2018). Iklan Online di Media Sosial : Risiko dan Kepercayaan Pengguna terhadap Iklan Online di Line@ dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) Studi Kasus : Line@ Berrybenka Maharani.
Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 99.
https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5075
Indrawati, K. A. P., Sudiarta, N. I., & Suardana, W. I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484
Jerry C. Olson dan Peter (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Salemba empat. Jakarta.
Kotler Phillip, Keller. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. & Gary A. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lister, et al. (2009). New Media: A Critical Introduction. Abingdon, Oxon: Routledge.
Sastika, W. (2018). Epic Model: Pengukuran Efektivitas Iklan Kuliner Melalui Sosial Media Instagram @Kulinerbandung Sebagai Media Promosi. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, 1(01), 21. https://doi.org/10.25124/jtim.v1i01.1531
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Published
2021-02-02
How to Cite
Martono, S. and Budiarjo, H. (2021) “ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL”, Sebatik, 25(1). doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1173.
Section
Articles