PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA DAN RUTE ANGKUTAN UMUM BERBASIS WEB PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SALATIGA

Keywords: : Sistem Informasi Geografis, Pariwisata, Jalur Angkutan, UML, Web.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam mengakses sebuah informasi, salah satunya adalah informasi spasial. Sistem informasi Geografis (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang dapat mentransformasi, memanipulasi, dan menganalisis data spasial, salah satunya dalam pengembangan pariwisata. Informasi mengenai pariwisata di suatu tempat atau kota dapat dengan mudah didapat dengan adanya sistem informasi pariwisata. Pariwisata dapat meningkatkan perekonomian di suatu daerah. Semakin banyak tempat wisata, dan semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya, maka akan menambah pendapatan daerah tersebut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah tertentu. Kota Salatiga memiliki beberapa lokasi wisata rekreasi sampai wisata kuliner, namun tidak banyak yang mengetahui lokasi dari tempat-tempat tersebut, sehingga perlu dibuat sebuah sistem informasi geografis pariwisata dan rute angkutan umum berbasis website agar mudah dioperasikan dimana pun dan kapan pun. Sistem informasi geografis pariwisata dan rute angkutan umum berbasis website ditujukan untuk wisatawan yang datang ke kota Salatiga agar dapat mengakses informasi pariwisata dan angkutan umum yang menuju ke lokasi wisata yang ada di kota Salatiga secara online dan lengkap dalam pemberian informasinya. Perancangan Sistem Informasi Geografis Pariwisata dan Angkutan Umum ini dimulai dengan menentukan ide atau gagasan, mengumpulkan data, membuat UML, dan membuat representasi visual dalam kode HTML yang dapat dibuka melalui browser sebagai Sistem Informasi Geografis berbasis Web.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anardani, S. 2019. Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan UML(Unified Modeling Language). Madiun: UNIPMA Press.
Anwar, M. K. 2019. Rekontruksi Kota Kolonial Salatiga dan Kontribusi Teknologi Geographical Information System. Yogyakarta: Sasdaya Gadjah Mada Journal of Humanities.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 2016. Peta Pariwisata Kota Salatiga Tahun 2016. Salatiga: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga.
Efendi, D. M. 2017. Sistem Informasi Geografis Rancangan Peta Digital Rute Angkutan Umum Kota Bandar Lampung. Kotabumi: STMIK DCC Kotabumi.
Firliana, R., Kasih, P., & Suprapto, A. 2018. Pemanfaatan GIS Untuk Sistem Informasi Pariwisata. Nusantara of Enginering/Vol.3/No.1.
Fu’ad, T. D., & Gunawan, W. 2018. Analisis Sistem Perancangan Penelitian Raport Siswa Berorientasi Objek UML (Unified Modeling Language) Di SMK Informatika Sukma Mandiri Cilegon. Banten: Jurnal Sains Dan Teknologi SAINTEK.
Izah, A. A. 2019. Perkembangan Pariwisata Di Salatiga (Studi Tentang Turisme Tahun 1917-1942). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kumaat, M., Dr. Eng. Steven R. Sentinuwo, ST., MTI, & Agustinus Jacobus, ST, M.Cs. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Jalur Angkutan Dalam Kota Di Kota Manado Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol. 5 no. 4.
Laia, F., & E. H. 2020. Perancangan Aplikasi Futsal Sport Berbasis Android Di Kota Batam. (Journal of Computer Engineering System and Science Universitas Medan.
Lovelace, R., Nowosad, J., & Muenchow, J. 2019. Geocomputation with R. Retrieved from https://geocompr.robinlovelace.net/index.html
Lucyana, R. 2016. Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Berbasis Web. Lampung: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung.
Sasmito, G. W. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , Vol. 2, No. 1.
Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. 2019. Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Madiun: Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi SENATIK.
Wiratama, D. A. 2018. PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KOTA SALATIGA SEBAGAI KOTA MULTIKULTUR DAN TOLERAN. Yogyakarta: ARS: JURNAL SENI RUPA DAN DESAIN.
Yulianto, I., Wijaya, A. F., & Rudianto, C. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Kota Salatiga Berbasis Web. Salatiga: SESINDO.
Published
2021-12-01
How to Cite
Bagau, M. Y. P. and Chernovita, H. P. (2021) “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA DAN RUTE ANGKUTAN UMUM BERBASIS WEB PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SALATIGA”, Sebatik, 25(2), pp. 632-638. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1177.