PENCARIAN DRIVER DRY CLEAN TERDEKAT DENGAN METODE HAVERSINE FORMULA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1210

Keywords:

Metode Haversine Formula, Driver Terdekat, Dry Cleaning, Mobile.

Abstract

Sistem pemesanan dry cleaning konvensional tidak bisa menemukan driver terdekat dengan pemesan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem untuk membantu pencarian driver terdekat dengan pemesan agar cepat dalam mengambil pakaian kotor dan sebaliknya mencari driver terdekat dari dry cleaning jika pakaian sudah selesai. Penelitian ini menerapkan metode haversine formula untuk pencarian driver terdekat, Google Maps sebagai pembangun peta digital, dan dikembangkan berbasis mobile. Sistem perancangan pada penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan Deployment Diagram. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan white box testing dan beta testing.

References

Arifin, A. (2018). Implementasi Algoritma Shortest Path Pada Aplikasi Pencarian Rute Distribusi Kurban. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Bakhroin, A. (2020). Studi komparasi teori KR Muhammad Wardan dan teori James Andrew dalam perhitungan arah kiblat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)
Budiman, E. (2016). Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile. ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(3), 137-144.
Dwanoko, Y. S. (2016). Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, 7(2), 143003.
Fajriansyah, A. (2019). Sistem Informasi Geografis Pengguna Narkoba Pada Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Ilir Berbasis Website (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).
Felisitas, E. M. (2017). Perancangan sistem tracking activity karyawan marketing berbasis android dengan teknologi global positioning system (gps) studi kasus pada PT Astragraphia (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).
Hartanto, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi" Aluminium": Tracer Study untuk Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Naufal, M. M. (2017). Implementasi Haversine formula pada Aplikasi pencarian guru privat terdekat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Prastyo, Z. R. (2016). Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Mencari Lokasi Spbu Terdekat Di Kota Jepara Dan Kudus Dengan Teknologi Node-Js (Doctoral dissertation, Universitas Muria Kudus)
Putra, F. S. (2017). Layanan Berbasis Lokasi Untuk Menemukan Koki Rumahan Yang Terdekat Dan Tersedia (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Setiawan, H. (2016). Implementasi Haversine formula pada lokasi pariwisata berbasis smartphone. Jurnal Fahma, 14(2).
Setiawan, I. (2016). Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1).
Sulistio, J. (2019). Implementasi Metode Haversine Formula dalam Aplikasi untuk Menentukan Lokasi Emergency Service Terdekat di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).
Tafa, I. A. (2018). Analisis Tingkat Akurasi Global Positioning System Smartphone dalam Menentukan Titik Lokasi pada Google Map. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1).
Wicaksana, I. (2017). Aplikasi Web Berbasis Lokasi untuk Jual Beli Rumah secara Interaktif di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA).

Published

2021-06-01

How to Cite

Yulsilviana, E., Adytia, P. and Riandika, I. N. (2021) “PENCARIAN DRIVER DRY CLEAN TERDEKAT DENGAN METODE HAVERSINE FORMULA”, Sebatik, 25(1), pp. 201–207. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1210.

Issue

Section

Articles