PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SITUS E-LEARNING UNIVERSITAS TERBUKA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1212

Keywords:

E-Learning, Universitas Terbuka, End User Computer Satisfaction (EUCS)

Abstract

Perguruan Tinggi di Indonesia telah menerapkan berbagai fasilitas teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan administrasi akademik, proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya Universitas Terbuka yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. Universitas Terbuka berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa dan dosen dengan menerapkan sistem pembelajaran modern secara jarak jauh. Salah satu fasilitas teknologi informasi yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara jarak jauh adalah penerapan E-Learning (https://elearning.ut.ac.id/). Sistem tersebut sudah digunakan cukup lama oleh mahasiswa Universitas Terbuka Malang tetapi belum ada evaluasi untuk memastikan aspek manfaat dan kegunaannya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk evaluasi terhadap penerimaan sistem informasi E-Learning. Penelitian ini menggunakan teori End User Computer Satisfaction atau EUCS. EUCS mendefinisikan lima variabel bebas yaitu isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu serta satu variable terikat yaitu kepuasan. dua Penelitian ini dilakukan kepada 35 responden mahasiswa pengguna E-Learning di Universitas Terbuka dengan pengambilan sampel di mahasiswa UPBJJ Malang dan sekitarnya. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas layanan E-Learning.

References

Abdillah, L. (2014). Managing information and knowledge sharing cultures in higher education institutions. the 11th International Research Conference on Quality, Innovation, and Knowledge Management (QIK2014), The Trans Luxury Hotel, Bandung, Indonesia retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/2107/
Allen, Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-Learning. Canada: John Wiley & Sons
Andrian, R. (2011). Desain aplikasi E-learning sebagai media, 4(40, 316-330. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/296353/desain-aplikasi-E-Learning-sebagai-media pembelajaran-artificial-informatics
Fitriansyah, A., (2018). Pengukuran kepuasan pengguna situs web dengan metode end user computing satisfaction (EUCS). Jurnal Query, Vol. 02, No. 01, April 2018: 1-8 retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552
Gilbert, R. (2018). Cultural Studies: an Introduction Cultural Studies.
Hariyanti, E. & Purwanti, E. (2017). Pengukuran Elearning readiness untuk mendukung keberhasilan pengembangan E-learning (Studi kasus; Fst Universitas Airlangga), retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/5989
Kartika, (2015). Evaluasi Penerimaan E-Learning Sebagai Media Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing) Di Lingkungan Universitas Jember. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 2015. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_276718272925.pdf
Miyono, N., (2013). Analisis E-Learning menggunakan Technology Acceptance Modelling(Studi Kasus Pada Stmik Provisi Semarang). Jurnal Transformatika, Volume 11, No.1, Juli 2013: 39–50. Retrieved from https://journals.usm.ac.id/
Ngurah, I.G. & Suwastika, I.W.K (2017) Analisis kepuasan pengguna e-learning menggunakan metode End-User Computing Satisfaction, 558-562. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/41357-ID-pengukuran-end-user-computing-satisfaction-atas-penggunaan-sistem-informasi-akad.pdf
Pratama, J.G & Yadi, I.Z. (2018) Analisa sistem informasi entri KRS online pada Universitas Bina Darma dengan menggunakan metode End-User Computing (EUC) Satisfaction, 1-15 retrieved from http://blog.binadarma.ac.id/kurniawan/wp-content/uploads/2012/10/Jurnal-Jefri.pdf
Purwandani, Indah. (2018) Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa pengguna E-learning dengan menggunakan End Userc Computing (EUC) Satisfaction studi kasus: Akademi Bina Sarana Informatika. Retrieved from https://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2018/article/view/53
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Saputra, A., (2019). Analisis kepuasan pengguna sistem informasi E-Campus IAIN Bukittinggi menggunakan metode EUCS. Jurnal Voteknika, Vol. 7, No. 3, September 2019. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/105157
Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015) Pengukuran End-User Computing Satisfaction atas penggunaan sistem informas akademik. 9(1), 16-28.
Uppal, Muhammad & Ali, Samnan & Zahid, Zunaira & Basir, Muhammad. (2021). Assessing the Impact of Interactivity on E-Learning Quality: A Quantitative Investigation in Higher Education Institutes of Pakistan.
Yulianto, S.E., (2011). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning Dengan Model TAM di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi Vol.II, No.1, Februari 2011 retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/2426

Published

2021-12-01

How to Cite

Triandika, L. S., Rachmaningsih, D. M. and Wijaya, A. F. (2021) “PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SITUS E-LEARNING UNIVERSITAS TERBUKA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)”, Sebatik, 25(2), pp. 598–603. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1212.