KEGIATAN BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PERBAIKAN USAHA MASYARAKAT DESA SEMBULUH

PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT

Keywords: Mitra,Sembuluh,Kolam Terpal,Nila

Abstract

Tujuan kegiatan Program Kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah peningkatan kapasitas kemampuan masyarakat Sembuluh dalam mengelola usaha budidaya ikan Nila. Kegiatan PKM ini diikuti oleh anggota kelompok budidaya yang ada di daerah mitra yang mempunyai keinginan untuk memperbaiki usaha yang  telah dijalani. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya wawasan dan keterampilan masyarakat tentang bagaimana budidaya ikan terutama di kolam terpal dan tentang perencanaan usaha budidaya, belum diterapkannya teknologi budidaya yang baik misalnya masalah pemberian pakan, penangan benih sebelum tebar, pencegahan penyakit ikan, kondisi kualitas perairan danau sembuluh yang menurun sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan dan belum ada alternatif tempat pemeliharaan ikan sedangkan permintaan terhadap ikan nila cukup tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan yang melibatkan anggota kelompok budidaya ikan yang ada di daerah mitra. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan, pelatihan dan praktik langsung. Hasil kegiatan PKM ini memberikan dampak positif  bagi mitra karena mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana budidaya ikan dan pembuatan pakan ikan serta bagaimana pemeliharaan ikan nila pada kolam terpal. Berdasarkan hasil evaluasi dari kegiatan pemeliharaan ikan pada program PKM ini memperoleh nilai kelangsungan hidup ikan nila yang dipelihara dikolam terpal selama pemeliharaan rata-rata mencapai 75,30%, tingginya hasil produksi yang dihasilkan  ini akan berdampak pada pendapatan petani ikan sedangkan evaluasi seluruh kegiatan PKM ini  berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsan, Said.S, & Sofyan, A. (2020). PKM Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Air Tawar Teknologi Kolam Terpal Bundar Di Desa Bontosunggu Kabupaten Gowa. Prosiding 4th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020, 294–299.
Azhari, A., Muchlisin, Z. A., & Dewiyanti, I. (2017). Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Seurukan (Osteochilus Vittatus) Stocking Density Effect On Survival And Growth Of Seurukan (Osteochilus Vittatus) Fry. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Dan Perikanan Unsyiah, 2, 12–19.
Handayani, L., & Siswanto. (2019). Korelasi Kualitas Air Terhadap Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Dipelihara Di Keramba Jaring Apung. Prosiding Seminar Nasional Perikanan Dan Penyuluhan I.
Harding., & Diadiyono, A. L. (2018). Pelatihan dan Pengembangan SDM Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2), 185–192.
Hermawan, A., Amanah, S., & Fatchiya, A. (2017). Partisipasi Pembudidaya Ikan dalam Kelompok Usaha Akuakultur di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(1), 1–13.
Muchlisin, Z.A., Arisa, A.A., Muhammadar, N. Fadli, I. . A. dan M. N. S.-A. (2016). Growth performance and feed utilization of keureling ( Tor tambra) fingerlings fed a formulated diet with different doses of vitamin E (alpha-tocopherol ). Archives of Polish Fisheries, 23, 47–52. https://doi.org/10.1515/aopf-2016-0005
Mulyani, & Yulisman, F. (2014). Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Dipuasakan Secara Periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 2(1), 1–12.
Pramono, M.D., &Rahayu, E.S.F. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pembenihan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepenus) Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Unimus, 343–355.
Saparini, D. (2017). Pengaruh Penyuluhan Tentang Hipertensi Terhadap Tingkat Kecukupan Kalium, Natrium, Cairan dan Tekanan darah Pada Penderita Hipertensi Peserta Prolanis Bina Sehat Di PUSKESMAS Pringsurat Kabupaten Temangguang. Retrieved from http://repository.unimus.ac.id/538/
Sari, I.P., & Yulisman, M. (2017). Laju Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Dipelihara Dalam Kolam Terpal Yang Dipuasakan Secara Periodik. Akuakultur Rawa Indonesia, 5(1), 45–55.
Tomasoa, A. M., Balansa, W., & Rieuwpassa, F. J. (2020). Pembesaran Ikan Nila Menggunakan Kolam Terpal Sebagai Wadah Budidaya Di Kampung Tariang Lama Kecamatan Kendahe kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 3, 39–44.
Yuhana, K. (2017). Daya antibakteri ekstrak daun kemangi (Ocimum sanctum L.) Terhadap Bakteri Streptococcus iniae Secara In Vitro. Jurnal Universitas Airlangga.
Published
2021-06-01
How to Cite
Handayani, L., Hayati, S. and Widaryati, R. (2021) “KEGIATAN BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PERBAIKAN USAHA MASYARAKAT DESA SEMBULUH”, Sebatik, 25(1), pp. 146-153. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1216.
Section
Articles