IMPLEMENTASI ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PERUBAHAN PERILAKU OTONOM DAN ADAPTIF PADA NON-PLAYER CHARACTER DALAM GAME PETUALANGAN KSATRIA PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1252Keywords:
Game, Petualangan, Finite State Machine, PancasilaAbstract
Penelitian dilakukan untuk dapat membuat sebuah game 2 dimensi genre petualangan berbasis android yang nantinya jika penelitian ini berhasil bisa menjadi hiburan bagi anak anak. Penelitian ini dilakukan di STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan game. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda.Salah satu pengembangan metode yang dapat mendukung pembuatan game platform ini adalah Finite State Machine. Metode ini digunakan untuk mengatur perilaku NPC (Non Player Character) agar dapat melakukan perlawanan kepada player. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni Game “Petualangan Kesatria Pancasila” berbasis android, memiliki tampilan gameplay yang menarik dan menghibur serta anak-anak bisa belajar mengamalkan nilai sila-sila Pancasila.
References
Bimantoro, T., & Haryanto, H. (2016). Pemodelan perilaku musuh menggunakan Finite State Machine (FSM) pada game pengenalan unsur kimia. Journal of Applied Intelligent System, 1(3), 210-219.
Enterprise, J. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Elex Media Komputindo.
Haryanto, H. (2016). Reward Dinamis dalam Skenario Adaptif Menggunakan Metode Finite State Machine pada Game Edukasi. Journal of Applied Intelligent System, 1(2), 144-153.
Hidayat, E. W., Rachman, A. N., & Azim, M. F. (2019). Penerapan Finite State Machine pada Battle Game Berbasis Augmented Reality. J. Edukasi dan Penelit. Inform, 5(1), 54.
Hormansyah, D. S., Ririd, A. R. T. H., & Pribadi, D. T. (2018). Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro. Jurnal Informatika Polinema, 4(4), 290-290.
Kahfi, M. (2017). PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME AGEN ZAMRUD KHATULISTIWA TACTICAL RPG BERBASIS ANDROID (Doctoral dissertation, Teknik Informatika).
Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.
Mustofa, M., Sidiq, S., & Rahmawati, E. (2018). Penerapan Finite State Machine Untuk Pengendalian Animasi Pada Video Game Rpg Nusantara Legacy. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 3(1), 1-10.
Nafianto, M. R. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PENENTU PERUBAHAN PERILAKU PADA NON-PLAYER CHARACTER DALAM GAME KIKI ADVENTURE (Doctoral dissertation, Teknik Informatika).
Pranata, B. A., & Pamoedji, A. K. (2015). Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. Elex Media Komputindo.
Puspita, A. T., Andryana, S., & Sari, R. T. K. (2020). Rancang Bangun Game Birokrasi Penyelenggaraan Kegiatan Kemahasiswaan Menggunakan Metode Finite State Machine. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer, 4(1), 39-47.
Rahadian, M. F., Suyatno, A., & Maharani, S. (2017). Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship”.
Ramadhan, H. F., Sitorus, S. H., & Rahmayuda, S. (2019). Game Edukasi Pengenalan Budaya dan Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metdoe Finite State Machine Berbasis Android. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 7(01).
Syahputra, M. F., Arippa, A., Rahmat, R. F., & Andayani, U. (2019, June). Historical theme game using finite state machine for actor behaviour. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1235, No. 1, p. 012122). IOP Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article