METODE PARTISIPATIF PADA PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PENGAJAR TRIDAYA GROUP BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1266

Keywords:

Financial Life Skills, Literasi Keuangan, Metode Partisipatif , Tridaya Group , Soft skills

Abstract

Pelatihan Financial Life Skills merupakan serangkaian pelatihan yang mengkombinasikan pelatihan soft skill dan literasi keuangan untuk dapat membuat keputusan keuangan yang tepat bagi semua orang. Pelatihan ini menggunakan metode partisipatif dalam penyampaian materinya. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran pelatihan Financial Life Skills untuk meningkatkan literasi keuangan pada pengajar Tridaya Group Bandung . Penulisan ini menggunakan metode kualitatif  merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan  menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Peserta pelatihan merupakan karyawan Tridaya Group Bandung  yang telah memiliki masa kerja 2- 15 tahun , dipilih secara acak oleh bagian HRD. Profesi  peserta terdiri dari  pengajar, office boy dan sekretaris wilayah.   Hasil penelitian menunjukkan metode partisipatif yang digunakan dalam pelatihan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan Metode Partisipatif pemaknaan yang berbeda kepada peserta dan memberikan kesempatan pada peserta menemukan sendiri tujuan dan goal setting yang diharapkan pada setiap modul pelatihan. Pelatihan menggunakan metode partisipatif mampu memberikan peningkatan pemahaman dari peserta , terbukti dengan meningkatnya nilai dari  dan yang diadakan sebelum dan sesudah pelatihan dilaksanakan. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar oleh Trainer, kepuasan peserta pelatihan Financial Life Skills pengajar Tridaya Group  adalah sebesar 92,5%

References

Adesti Komalasari , S.Pd, M, A. (2013). English As A Foreign Languange Learners Through A Reflection Project. Icel Procediing, I.
Ananias Shaanika. (2018). Students’ Attitudes Toward Personal Financial Planning: A Case Study Of Master Of Business Administration Students At The University Of Namibia. (Issue August).
Aprea, C., Wuttke, E., Breuer, K., & Koh, N. K. (2016). Financial Literacy In The Twenty-First Century : An Introduction To The International Handbook Of Financial Literacy Chapter 1 Financial Literacy In The Twenty-First Century : An Introduction To The International Handbook Of Financial Literacy. March. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-10-0360-8
Dwi , Sulistyorini Amidjono; John Brock; Ebi, J. (2018). Financial Literacy In Indonesia. In Internationa Handbook Of Financial Literacy.
Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.6.2.111-120.2020
Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving Financial Literacy Of The Poor And Vulnerable In Indonesia: An Empirical Analysis. International Review Of Economics Education, 32(February), 100168. Https://Doi.Org/10.1016/J.Iree.2019.100168
Ludlum, M., Hongell, L., Tigerstedt, C., Steelman, B., & Reese, C. (2019). Financial Life Skills Of Finnish College Students: A Pilot Study On Credit Cards And Budgets. Journal Of Higher Education Theory And Practice, 19(4), 60–72. Https://Doi.Org/10.33423/Jhetp.V19i4.2202
Rita Zulbetti; Perwito; Vina Anggilia. (2019). Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Pengurus Bumdes Melalui Pelatihan Keuangan Di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 19(2), 200–211. Https://Doi.Org/10.30596/Ekonomikawan.V19i2.3824
Septina, N., Djajadikerta, H., Setiawan, A., Danil, L., Universitas, D., & Parahyangan, K. (2021). Pelatihan Daring Financial Life Skills : Alternatif Literasi Keuangan Di Masa Pandemi. 1(1), 50–56.
Sharma, S., Arora, K., Sinha, R. K., Akhtar, F., & Mehra, S. (2021). Evaluation Of A Training Program For Life Skills Education And Financial Literacy To Community Health Workers In India : A Quasi-Experimental Study. 4, 1–10.
Siswati, A. (2019). Eksperiental Learning Pelatihan Financial Life Skills Pada Mahasiswa Universitas Merdeka Malang. Jurnal Bisnis Dan Managemen, 6(2), 81–87.
Sugeng. (2018). Experiential Learning Cycle ( Elc ). Panduan Fls, 1–3.
Taufik, R., Hustim, R., & Nurlina, N. (2014). Penerapan Pembelajaran Partisipatif Metode True-False Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas Viib Smp Negeri 17 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), 120709.
Wahyu Rahmat Maulana. (2016). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru ( Penelitian Di Sd Amaliah Ypspiai Ciawi – Bogor ) Wahyu Rahmat Maulana Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Zulbetti, R., & Ratna, P. ; Y. (2018). Pelatihan Financial Life Skills ( Fls ) Untuk Membangun. Sembadha 2018, 1, 144–150.

Published

2021-06-01

How to Cite

Hadita, A., Yusuf, R. and Darmawan, E. D. (2021) “METODE PARTISIPATIF PADA PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PENGAJAR TRIDAYA GROUP BANDUNG”, Sebatik, 25(1), pp. 188–194. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1266.

Issue

Section

Articles