EVALUASI KUALITAS INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI NASKAH KUNO DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1315

Keywords:

Web Sikano, Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Naskah Kuno, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Website Sikano merupakan website yang digunakan untuk pendataan buku naskah kuno, dokumentasi Sejarah dan peta Cagar Budaya oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Naskah kuno yang merupakan salah satu warisan budaya Kota Salatiga diantara berbagai artefak lainnya, yang kandungan isinya mencerminkan berbagai pemikiran, pengetahuan, adat istiadat serta perilaku masyarakat masa lalu. Kualitas Informasi yang merupakan salah satu indikator utama keberhasilan penerapan sistem informasi. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi kualitas informasi Sistem Informasi Naskah Kuno menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan 20 indikator, yaitu Accuracy, Consistency, Security, Timeliness, Completeness, Concise, Reliability, Accessibility Availability, Objectivity, Relevancy, Useability, Understandability, Amount of data Believability, Navigation, Reputation, Useful, Efficiency dan Value-Added. Berdasarkan hasil analisis kualitas informasi Situs Web Sikano (Sistem Informasi Naskah Kuno) Kota Salatiga menggunakan 20 variabel dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum kualitas informasi situs web tersebut belum cukup baik. Hal ini dikarenakan banyaknya kelengkapan data yang setelah ditelusuri masih sangat kurang, dan juga tampilan dari web tesebut yang tidak konsisten dan masih banyak adanya error. Setelah dilakukan analisis web dan wawancara dengan pihak pengelola web Sikano, menghasilkan banyak rekomendasi yang berkaitan dengan SDM pengelola web, Developer yang membangun web, re-design tampilan web, maintenance, penambahan jejak historis, hak akses admin, pengimputan rutin untuk admin. Rekomendasi yang dihasilkan berguna untuk peningkatan kebaharuan dan kelengkapan data yang berpengaruh terhadap kualitas informasi Web Sikano Kota Salatiga.

References

Danamik, M. P. and Purwaningsih, E. H. 2017 ‘E-Goverment dan Aplikasinya di Linkungan Pemerintah Daerah (Studi Kasu Kualitas Informasi Website Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau)’, pp. 151–164.
Iswanto, A. 2018 ‘Kajian Teologi Penciptaan Alam dan Manusia Nurhata Revitalisasi Kearifan Lokal Naskah-naskah Primbon Koleksi Masyarakat Indramayu’, 8(2), p. 43.
Kambey, D. J. F. and Sitokdana, M. 2020 ‘Evaluasi Kualitas Informasi Situs Web Pemerintah Kota Bitung’, Seminar Nasional Teknologi Komputer …, (SAINTEKS), pp. 7–12. Available at: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/396.
Kim, H., Sefcik, J. S. and Bradway, C. 2017 ‘Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review’, Journal of Career and Technical Education, 21(1), pp. 51–70. doi: 10.1002/nur.21768.Characteristics.
Krisdiantoro, Y., Subekti, I. and Prihatiningtias, Y. W. 2018 ‘Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Manfaat Bersih Dengan Intensitas Penggunaan Sebagai Variabel Mediasi’, Jurnal Akuntansi Aktual, 5(2), pp. 149–167. doi: 10.17977/um004v5i22018p149.
Latiar, H. 2018 ‘Preservasi Naskah Kuno Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa’, Al-Kuttab : Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(1), p. 67. doi: 10.24952/ktb.v5i1.827.
Mustopa. 2017 ‘MUSHAF KUNO LOMBOK: Telaah Aspek Penulisan dan Teksnya’, Suhuf, 10(1), pp. 1–24. doi: 10.22548/shf.v10i1.215.
Prandhana, A. R., Nurhayati, N. and Haumatusadiah, E. 2016 ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna (Survey Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Sia Pada Bank Umum Syariah Di Kota Bandung)’, Prosiding Akuntansi, 2(2), pp. 926–933.
Prasojo, L. H. and Pratomo, D. 2015 ‘Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan aplikasi Rail Ticket System (RTS) terhadap kepuasan pengguna sistem ( Studi Kasus pada PT . Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP 2 Bandung’, e-Proceeding of Management, 2(1), p. 235. Available at: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1646%0A.
Priyangga, R. W., Herlambang, A. D. and Wardani, N. H. 2018 ‘Evaluasi Kualitas Kebergunaan , Kualitas Informasi , Dan Kualitas Interaksi Pelayanan Pada Website Dinas Pendidikan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis ( Studi Kasus : Website Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan )’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu KOmputer, 2(10), pp. 3729–3737.
Rukmiyati, N. M. S. and Budiartha, I. K. 2017 ‘Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi’, 1, p. 21.
Setiawanta, Y. and Oktafiyani, M. 2020 ‘Evaluasi Kualitas Sistem, Informasi dan Layanan Website Perguruan Tinggi sebagai Media Informasi Pemangku Kepentingan’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(2), pp. 135–144. Available at: https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/8197.
Yandi, D. R. and Septrizola, W. (2019) ‘Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Blibli . Com dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang’, 01, pp. 67–77.
Yikwa, Y. and Sitokdana, M. 2020 ‘EVALUASI KUALITAS INFORMASI SITUS WEB PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TOLIKARA’, Seminat Nasional Informatika (SEMNASIF).
Yuliani, W. 2019 ‘Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling’, Quanta, 3(1), pp. 9–19. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Published

2021-06-01

How to Cite

Wattimena, N. and Manuputty, A. D. (2021) “EVALUASI KUALITAS INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI NASKAH KUNO DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA”, Sebatik, 25(1), pp. 74–81. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1315.

Issue

Section

Articles