PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SUSU SAPI MURNI KUD MEKAR SARI, PUJON MALANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1336

Keywords:

Kata Kunci: Accidental Sampling, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan implikasi pengaruh 3 komponen dasar citra merek (citra pembuat, citra pemakai, citra produk) terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Sampel penelitian terdiri dari 65 partisipan mengkonsumsi susu sapi murni di KUD Mekar Sari, Pujon Malang, melalui pendekatan accidental sampling method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra pembuat, citra pemakai, citra produk berpengaruh secara bermakna terhadap peningkatan loyalitas pelanggan secara berkesinambungan. Disimpulkan bahwa citra merek merupakan sendi kekuatan bagi pihak korporasi bisnis, yang terbentuk secara aktual dalam benak konsumen guna mengaktualisasikan persepsi diri konsumen itu sendiri melalui identitas suatu merek. Dimana loyalitas pelanggan memegang peranan utama di dalam mengaktualisasikan kesuksesan citra merek suatu produk dewasa ini.

References

Autry, C., Richey, R. G., Lauren, S. B. 2015. A Multilevel Approach to Retail Management Education: Integrating Customer and Supply Chain Perspectives,. Marketing Education Review 17(2). Retrieved From: DOI: 10.1080/10528008.2007.11489002
Cooper, D.R & CW Emory. 2013. Business Research Methods, 11th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.
Griffin, J. 2014. Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It by, Succes. Com Succes Book Summaries.
Kotler, P & Keller, K. L. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.
Mustopa & Ramadhani, F. 2014. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Airplane System (Survey Pada Mahasiswa Universitas Widyatama). Jurnal Administrasi Bisnis/8. Retrieved From: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/80
Oliver, R. L. 2013. Chapter Customer Satisfaction, In book: Wiley International Encyclopedia of Marketing. Retrieved From: DOI: 10.1002/9781444316568.wiem03008
Permana, M. S & Haryanto, J. O. 2014. Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen 18. 365-380.
Rusdarti, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang, Jurnal Bisnis Strategi 13. 54-65.
Simamora, B. 2012. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Utama. Retrieved From: https://scholar.google.co.id
Smith, R. E. & Wright, W. F. 2014. Determinants of Customer Loyalty and Financial Performance. Journal of Management Accounting Research. Vol.16(23). 183.
Turkyilmaz, A. & Ozkan, C. 2012. Development of customer satisfaction index model: an application to the Turkish mobile phone sector. Industrial Management and Data System107 (5). 672-687. Retrieved From: http://www.jstor.org/stable/45115702
Tjiptono, F. 2015 . Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Venessa, I. & Arifin, Z. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 51(10).
Xian, G. L. & Wang, X. 2011. The Mediating Role of Cognitive and Affective Attitudes. Journal Of Computers, 6(9), 1875-1879. Retrieved From: DOI: 10.1108/01409170610717817
Zuhdi, S. 2012. Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Torabika. Marketing Symposium. Project Marketing Research

Published

2021-06-01

How to Cite

Poernomo, T. T. and Setyadarma, B. (2021) “PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SUSU SAPI MURNI KUD MEKAR SARI, PUJON MALANG”, Sebatik, 25(1), pp. 221–228. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1336.

Issue

Section

Articles