DESAIN PRODUK RUANG PENYIMPANAN HELM UNTUK MOTOR OJEK ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1338Keywords:
Desain Produk, Ruang Penyimpanan, Helm, Ojek Online, Keamanan, KenyamananAbstract
Sepeda motor ada yang didesain dengan ruang penyimpanan helm di bawah jok dan ada pula yang sejak awal tidak didesain dengan ruang penyimpanan helm. Sementara sepeda motor dengan ruang penyimpanan helm dibawah jok atau ruang bagasi bawah jok, tidak berfungsi sebagai mana desain awalnya. Pengendara cenderung memanfaatkannya untuk penyimpanan jas hujan, kunci-kunci dan komponen cadangan. Dengan demikian helm cadangan tidak dapat masuk ke bagasi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan ruang alternatif penyimpanan helm, khususnya untuk pengemudi ojek online. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif. Penetapan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dan snowbal sampling. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap Dinas Perindustrian dan Perdagangan Surabaya, driver ojek online, pengguna ojek online dengan kuesioner dan observasi lapangan. Aspek yang akan diteliti meliputi: ruang penyimpanan helm (dengan unsur-unsur Fisik Produk, Desain, Gaya dan Fitur), dan driver ojek online dilakukan secara deskriptif terhadap perilaku ojek online, motivasi, persepsi, preferensi dan harapan pengguna. Hasil analisis data selanjutnya dilakukan sintesis untuk pengembangan gagasan bentuk desain dan konsep rancangan desain model inovasi produk ruang penyimpanan helm ojek online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep rancangan desain produk ruang penyimpanan helm menggunakan konsep simplify dan memiliki faktor-faktor fisik, fitur, gaya, dan desain telah terpenuhi dalam desain produk yang dirancang, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi ojek online.
References
Amajida, F.D. 2016. “Transportasi Berbasis Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online ‘Go-Jek’ Di Jakarta.” Jurnal INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi 46(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/viewFile/9657/7704.
Anggriana, dkk. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online ‘Om-Jek’ Jember.” JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ) 7(2): 137–56. http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/download/1229/989&hl=en&sa=X&ei=BJqWYMSzBIvuygS1n6yADg&scisig=AAGBfm0ZNxjeqoA3qxJpO-_SvLTLGVYYwA&nossl=1&oi=scholarr.
Apriliananda, D. 2019. “Bagasi Luas Pada Sepeda Motor Mutlak Dibutuhkan.” https://otomotif.kompas.com/read/2013/12/23/1414032/Bagasi Luas pada Sepeda Motor Mutlak Dibutuhkan (July 9, 2019).
Ayu, D, dkk. 2018. “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online Di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia).” Cakrawala-Jurnal Humaniora 18(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala.
Benyus, J. M. 2009. Biomimicry: Innovation Inspired by Nature. United Kingdom: HarperCollins.
Cindy, G. 2019. “Perancangan Jaket Runningwater Repellent Berdesain Trendy Untuk Iklim Tropispada Brand Gale.” Moda: Journal The Fashion 1(1): 65–95. https://journal.uc.ac.id/index.php/moda/article/view/710.
Damayanti, S.A.S. 2017. “Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya.” http://repository.unair.ac.id/68280/. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmnts41437683f2full.pdf.
Haryotedjo, T. 2012. “Perilaku Peletakan Helm Pada Sepeda Motor.” Jurnal Seni Rupa & Desain (STISI Telkom) 3(41). https://www.academia.edu/3798193/Perilaku_Peletakan_Helm_Pada_Sepeda_Motor.
Husain, I.A. 2020. “Strategi Pt. Gojek Dalam Mengembangkan Transportasi Publik Berbasis Online Di Indonesia.” Jurnal Syntax Transformation 1(3). http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/25/41.
Ihsan, B. 2019. “Kelebihan Dan Kekurangan Jaket Parasut.” https://terminalkaos.com/kelebihan-kekurangan-jaket-parasut/ (February 1, 2019).
Komunitas, R. 2019. “Jenis Bahan Kain Waterproof Terbaik.” https://www.rumahkomunitas.com/article/jenis-bahan-kain-waterproof-terbaik (July 19, 2020).
Line, F. 2015. “Jenis Resleting Berdasarkan Bahan Baku Pembuatannya.” https://fitinline.com/article/read/7-jenis-resleting-berdasarkan-bahan-baku-pembuatannya (February 1, 2020).
Marati, N.C. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 4(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/15757.
Pemprov, J.B. 2021. “Data Kecelakaan Dan Pelanggaran Lalu Lintas Data Vertikal Kepolisian Republik Indonesia Daerah.” http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/548-data-kecelakaan-dan-pelanggaran-lalu-lintas?id_skpd=39 (May 5, 2021).
Philip, K. 2017. Principles of Marketing. 17th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Ratna, P, Dkk. 2020. “Biomimicry Class Perancangan Produk Dengan Biomimicry Desain Spiral Pada Sarung Tangan Renang.” Jurnal Pasopati 2(2): 84–90. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati.
Saul. M. 2018. “Sigmund Freud’s Theories.” SimplyPsychology. https://www.simplypsychology.org/Sigmund-Freud.html (May 28, 2021).
Setyanto, L.E, Dkk. 2017. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis 46(2): 20. https://media.neliti.com/media/publikations/87927-ID-pengaruh-atribut-produk-terhadap-keputus.pdf.
Suwannaporn, S, dkk. 2013. “Knowledge, Attitude, And Practice Towards Helmet Use Among Motorcycle Riders And Passengers In Ratchaburi Province, Thailand.” Journal of Health Research 27(1): 27–32. https://he01.tci-thaijo.org/index.php/jhealthres/article/view/85750/68204.
Ulrich, K.T. 2019. Product Design and Development. 4th ed. New York: McGraw-Hill Education.
Wijayanti, S. 2020. “10 Ciri Dasar Generasi Millennial, Kamu Termasuk Gak Nih?” IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/sinta-wijayanti-d/10-ciri-dasar-generasi-millennial-c1c2/10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article