PENGARUH MENGGUNAKAN METODE CORNELL NOTE TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER PERTAMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1368

Keywords:

Cornell Note, Keterampilan Kognitif, Mencatat, Proses Belajar, Efektif

Abstract

Kegiatan belajar pada jenjang perguruan tinggi perlu dilengkapi dengan metode mencatat yang baik dan benar agar kemampuan kognitif yang dimiliki mahasiswa dapat berkembang dengan optimal dan meningkatkan kemampuan akademis secara keseluruhan. Materi pembelajaran pada bidang keperawatan sering kali harus dipahami dan dipraktekkan dengan benar oleh mahasiswa, pentingnya metode pencatatan yang baik juga dapat membantu mahasiswa dengan mudah memahami konsep dan menghafalkan letak serta fungsi anatomi tubuh manusia maupun urutan cara perawatan pasien. Mahasiswa yang berhasil memahami pentingnya pencatatan yang efektif mendapatkan manfaat saat tiba waktunya mengikuti ujian. Keterampilan mencatat yang efektif mendorong mahasiswa menulis intisari pembelajaran dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa memahami pembelajaran di kelas menggunakan metode pencatatan Cornell Note. Mahasiswa keperawatan dapat melakukan pencatatan efektif menggunakan metode Cornell Note sehingga terjadi peningkatan kemampuan akademis dan keterampilan kognitif, proses belajar menjadi lebih efektif dan kreatif. Mahasiswa dalam penelitian ini berjumlah 104 orang mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok yang sebelumnya ditunjuk secara acak. Kelompok perlakuan akan mencatat selama pelajaran berlangsung menggunakan metode Cornell Note dan kelompok kontrol mencatat biasa. Penelitian ini menggunakan uji paired sample t test untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelompok. Didapat nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.018 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Cornell Note saat mencatat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kognitif mahasiswa.

References

Baharev, Z. (2016). The Effects of Cornell Note-Taking and Review Strategies On Recall and Comprehension of Lecture Content For Middle School Students With and Without Disabilities. The Graduate School of Education Rutgers, The State University of New Jersey.
Botella, M., Zenasni, F., & Lubart, T. (2018). What are the stages of the creative process? What visual art students are saying. Frontiers in Psychology, 9(NOV). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02266
Davoudi, M., Moattarian, N., & Zareian, G. (2015). The Impact of Cornell Note-Taking Method Instruction on Grammar Learning of Iranian EFL Learners. Journal of Studies in Education, 5(2), 252. https://doi.org/10.5296/jse.v5i2.6874
Dewi, N. A. S., Rohmana, & Miliha, L. (2020). The Effect of Cornell Note Taking Method On Students’ Grammar Learning At MAN 1 Kendari. Journal of Teachers of English, 5(1), 57–65.
Evans, B. P., & Shively, C. T. (2019). Using the Cornell Note-taking System Can Help Eighth Grade Students Alleviate the Impact of Interruptions While Reading at Home. Journal of Inquiry & Action in Education, 10(1), 2019.
Good Notes. (2017). Cornell Note Taking — The Best Way To Take Notes Explained. Retrieved from https://medium.goodnotes.com/study-with-ease-the-best-way-to-take-notes-2749a3e8297b
Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30
Kristiawan, M., Safitri, D., & Rena Lestari. (2017). Manajemen Pendidikan. Sleman: Dee Publish.
Lorcher, T. (2018). How Cornell Notes Can Help You: A Guide for Students and Teachers. Retrieved from https://www.brighthubeducation.com/teaching-methods-tips/6561-make-the-best-of-class-time-with-cornell-notes/
Mustofa, N. A. (2019). The Effectiveness Of Using Cornell Note Comprehension Of The Eleventh Grade At MAN Temanggung In The Academic Year Of 2018/2019. IAIN Salatiga. IAIN Salatiga.
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan.
Saputri, A. (2020). Applying Cornel Note Taking Strategy On Students’ Reading Comprehension Of Narrative Text. Syarif Hidayatullah State Islamic University.
Sarana, K., & Negeri, S. M. A. (2019). Celebes Education Review. Celebes Education Review, 1(April), 53–58.
Stacy, E. M., & Cain, J. (2015). Note-taking and handouts in the digital age. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(7). https://doi.org/10.5688/ajpe797107
STIKES Bali. (2018). Laporan Kinerja Tahun 2018. Retrieved from https://itekes-bali.ac.id/medias/materi/2018.pdf

Published

2021-06-01

How to Cite

Kristina, K. (2021) “PENGARUH MENGGUNAKAN METODE CORNELL NOTE TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER PERTAMA”, Sebatik, 25(1), pp. 229–233. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1368.

Issue

Section

Articles