TRANSFORMASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EDUKASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK USIA DINI DI CIANJUR JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.1379Keywords:
Gempa Bumi, Masyarakat, MitigasiAbstract
Hidup di negara yang berada pada wilayah Ring of Fire memungkinkan Indonesia sering dilanda gempa Bumi. Maka dari itu, semua kalangan masyarakat perlu memahami tindakan-tindakan mitigasi yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu bencana melanda. Seperti yang terjadi di Cianjur pada 22 November 2022, gempa bumi melanda wilayah tersebut dan menyebabkan ratusan korban jiwa dengan sebagian besar anak-anak. Maka, kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan anak-anak akan mitigasi bencana gempa bumi ini dilakukan. Giat psikososial pasca bencana ini dilakukan pada tanggal 7 Januari 2023 di kecamatan Warung Kondang. Metode The Fogg Behavior Model dipakai untuk mencapai tujuan mengubah perilaku seseorang dalam menghadapi bencana gempa. Sehingga, misi yang dijalankan dalam kegiatan ini adalah peningkatan motivasi anak-anak untuk bangkit dan memberikan edukasi mitigasi. Giat pengabdian masyarakat ini membuahkan hasil positif dalam mempersiapkan anak-anak tentang mitigasi bencana. Terlihat dari anak-anak yang berhasil menghapal tahap-tahap evakuasi diri dan hasil simulasi yang dilakukan beberapa kali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi terhadap masyarakat dan anak-anak dalam bertindak lebih baik ketika mitigasi bencana cukup signifikan dan antusias. Kegiatan ini dapat merubah cara mereka bersikap ketika bencana gempa bumi datang kembali. Sesuai dengan teori Fogg, yang mengatakan bila seseorang telah termotivasi tinggi dan meningkatkan kemampuannya, hal tersebut dapat merubah sikap dan perilaku seseorang
References
Armindony, F. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media lagu “Awas Ada Gempa” Terhadap Peningkatan Kemampuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Bagi Anak Tunagrahita. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Baranauskas, M. B., Margarido, C. B., Panossian, C., Silva, E. D., Campanella, M. A., & Kimachi, P. P. (2008). Simulation of ultrasound-guided peripheral nerve block: learning curve of CET-SMA/HSL anesthesiology residents. Revista Brasileira de Anestesiologia, 58, 106-111.
Badan Geologi. 2022. Geologi Gempa Cianjur - 21 November 2022. https://vsi.esdm.go.id/index.php/gempabumi-a-tsunami/kejadian-gempabumi-a-tsunami/4023-geologi-gempa-cianjur-21-november-2022. Accessed 10 January 2023.
Carroll, B., Morbey, H., Balogh, R., & Araoz, G. (2009). Flooded homes, broken bonds, the meaning of home, psychological processes and their impact on psychological health in a disaster. Health & Place, 15(2), 540-547.
Dartanto, T., Bastiyan, D.F. and Sofiyandi, Y., 2017, July. Are local governments in Indonesia really aware of disaster risks?. In AIP conference proceedings (Vol. 1857, No. 1, p. 110006). AIP Publishing LLC.
Davidson, J. R., & McFarlane, A. C. (2006). The extent and impact of mental health problems after disaster. J Clin Psychiatry, 67(Suppl 2), 9-14.
Foa, E. B., Stein, D. J., & McFarlane, A. C. (2006). Symptomatology and psychopathology of mental health problems after disaster. J Clin Psychiatry, 67(Suppl 2), 15-25.
Fogg, B. J. (2009, April). A behavior model for persuasive design. In Proceedings of the 4th international Conference on Persuasive Technology (pp. 1-7).
Herdwiyanti, F., 2013. Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy pada Anak Usia Sekokah Dasar di Daerah Bencana (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Kono, S., & Shinew, K. J. (2015). Roles of leisure in the post-disaster psychological recovery after the Great East Japan Earthquake and Tsunami. Leisure Sciences, 37(1), 1-19.
Mish, F. C. (2003). Merriam-Webster's Collegiate Dictionary. 11th edSpringfield (MA) Merriam-Webster.
Ramadhani, S. R. (2021). Struktur dan Nilai Religi" Babad Cianjur". Dinamika, 4(2), 92-109.
Ryan, C., & Glendon, I. (1998). Application of leisure motivation scale to tourism. Annals of tourism Research, 25(1), 169-184.
Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96-106.
Shaluf, I. M. (2007). Disaster types. Disaster Prevention and Management: An International Journal.
Udani, A. D., Kim, T. E., Howard, S. K., & Mariano, E. R. (2015). Simulation in teaching regional anesthesia: current perspectives. Local and regional anesthesia, 8, 33.
Ulya, Fika Nurul. 2022. Korban Gempa Cianjur Didominasi Anak di Bawah 16 Tahun. https://nasional.kompas.com/read/2022/12/05/20250931/korban-gempa-cianjur-didominasi-anak-di-bawah-16-tahun. Accessed 10 January 2023.
Winarni, E. W., & Purwandari, E. P. (2018). Disaster risk reduction for earthquake using mobile learning application to improve the students understanding in elementary school. Mediterranean Journal of Social Sciences, 9(2), 205.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article