RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MENGHITUNG INDIKATOR KEPUASAN PENGUNJUNG BERBASIS JAVA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BERAU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1442

Keywords:

Kepuasan Pengunjung, Rancang Bangun, Program, Aplikasi, Basis Data

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam melakukan penghitungan dan penyimpanan data indikator kepuasan pengunjung agar penghitungan dan pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien. Objek penelitian ini adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau. Data-data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang mana data primer diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka yang dapat diperoleh melalui buku-buku, karya ilmiah, ensiklopedia, internet dan sumber-sumber lainnya. Metode pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang meliputi analisis, desain dan implementasi dengan alat bantu Flow Of Diagram  dan Context Diagram yang mana alat-alat bantu ini bertujuan untuk menggambarkan alur proses yang berjalan pada instansi dan alur proses yang akan diusulkan serta menggambarkan interaksi antara sistem informasi dengan lingkungan dimana sistem tersebut diterapkan. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah bahasa pemrograman Java dengan basis data MySQL Server yang mana MySQL Server terpadu pada program XAMPP. Beberapa perangkat keras dan perangkat lunak pendukung lainnya juga diperlukan dalam membangun aplikasi ini untuk mempermudah rancang bangun aplikasi indikator kepuasan pengunjung. Program ini memiliki alur yang sederhana berupa data input dari client yang kemudian dikirim ke server untuk menyimpan data dan dikirim ke komputer lainnya untuk menampilkan data.

References

Abdulloh, Rohi. 2018. 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau. 2020. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2020. Tanjung Redeb: Dispusip Berau.
Dwi Priyanti dan Siska Iriani. 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, Indonesian Journal of Network & Security. Vol : 2 (4). 55-61.
Enterprise. 2017. Otodidak MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Hasan Abdurahman dan Asep Ririh Riswaya. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti, Jurnal Computech & Bisnis. Vol : 8 (2). 61-69.
Hasanudin, Maulana. 2018. Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web (Studi Kasus PT. Nusantara Sejahtera Raya), Jurnal IKRA-ITH. Vol : 2 (3). 24-37.
Helmi Fauzi Siregar, Yustria Handika Siregar dan Melani. 2018. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia, Jurnal Teknologi Informasi. Vol : 2 (2). 113-121.
Indrajani. 2015. Database Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Kadir, Abdul. 2012. Buku Pintar C++ untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management, (Online), vol. 14, http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/24/1/%5BPhillip_Kotler%5D_Marketing_Management_14th_Edition%28BookFi%29.pdf, diakses 13 Maret 2021.
Lubis, A. S. dan Andayani, N. R. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Bussiness Administration. Vol: 1 (2).
Maniah dan Hamidin, Dini. 2017. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pembahasan Secara Praktis Dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Deepublish.
Ndaru Adi Pratama dan Catur Hermawan. 2016. Aplikasi Pembelajaran Tes Potensi Akademik Berbasis Android, Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA). Vol : 6 (1). 1-6.
Nuralam, I. R. 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang: UB Press.
Pressman, R. S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Rosa, A. S. Dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Saputra, Pradipta Angga dan Nugroho, Adi. 2017. Perancangan dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. Vol: 15 (1).
Sodexo. 2019. Kepuasan Pelanggan: Definisi dan Faktor Pendukungnya, (Online), https://www.sodexo.co.id/pengertian-kepuasan-pelanggan/, diakses 04 Oktober 2021.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Widarma, Adi dan Rahayu, Sri. 2017. Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan Pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate – Kabupaten Asahan. Jurnal Teknologi Informasi. Vol: 1 (2).

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Kusnandar, K. and Anshary, M. R. (2022) “RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MENGHITUNG INDIKATOR KEPUASAN PENGUNJUNG BERBASIS JAVA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BERAU”, Sebatik, 26(2), pp. 798–806. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.1442.