PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA, TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI HOTEL INTERCONTINENTAL MIDPLAZA JAKARTA

Keywords: Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Pimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Pemimpin sebagai penggerak harus mempunyai kemampuan yang baik dalam organisasi, kemampuan tersebut memerlukan proses pengembangan yang dinamis untuk terus menerus dikaji sesuai kebutuhan sepanjang waktu. Tujuan dilakukan penelitian untuk menganalisa pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan, motivasi kerja, lingkungan kerja serta kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian tentang komunikasi interpersonal pimpinan di perusahaan tersebut kurang efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengumpulan data yang diterima dari responden. Sedangkan motivasi kerja karyawan berdasarkan jawaban responden tentang butir pertanyaan motivasi kerja karyawan, bahwa motivasi yang dilakukan oleh pimpinan terhadap karyawan kurang mendorong dalam bekerja. Akan tetapi motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan jawaban responden tentang butir pertanyaan lingkungan kerja bahwa responden yang menjawab dan menganggap bahwa lingkungan kerja tidak nyaman dan kurang nyaman hasilnya menyatakan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devito, G. (2016). Human Resource Management Tenth Edition. New Jersey : Prentice Hal.
Edison, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi, . Bandung: ALFABETA.
Ibrahim, M. (2017). Effect of job satisfaction on turnover intention : An empirical investigation on Nigerian Banking Industry.
Luma, M. (2017). Hubungan lingkungan kerja dengan stres kerja guru di SDN Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen IAIN Menado.
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung . Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
Netto, A. P. (n.d.). Tourism Theory Concepts, Models and Systems. Griffith University.
Nitisemito, A. S. (2014). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian dalam Pengelolaan SDM Perusahaan. Pustaka Setia.
Robbins, S. (2015). Psikologi organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanti. (2015). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan 23. Jakarta: bumi aksara.
Sutrisno. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2021-12-01
How to Cite
Cahyoseputro, W., Juliawati, L. T. and Rokhaminawanti, E. (2021) “PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA, TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI HOTEL INTERCONTINENTAL MIDPLAZA JAKARTA”, Sebatik, 25(2), pp. 537-544. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1468.