PENGEMBANGAN AUTOMATIC LESSON PLAN GENERATOR
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1501Keywords:
Pengembangan Media, Lesson Plan, Automatic Generator, Model Pembelajaran, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan tingginya kesenjangan antara perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru dengan pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Automatic Lesson Plan Generator, yaitu perangkat lunak dalam bentuk prototypeang dapat menyediakan perencanaan pembelajaran yang paling tepat untuk kondisi yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan metode Plomp. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan FGD, kemudian di validasi dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian berupa prototype model Automatic Lesson Plan Generator. Model automatic lesson plan generator dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa, bahan ajar, capaian pembelajaran, kondisi fisik kelas, sehingga output dari model ini adalah dapat menghasilkan RPP yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru, siswa, dan lingkungan belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan mekanisme kerja model automatic lesson plan generator, maka dapat diketahui bahwa model ini memudahkan guru dalam menyusun RPP sekaligus meminimalkan kegagalan realisasi dari RPP yang dibuat. Kegiatan penyaringan dan penilaian metode menjadikan RPP yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari guru, siswa, dan lingkungan belajar di mana hal tersebut sering kurang diperhatikan oleh guru. Terdapat 5 langkah kerja dari model automatic lesson plan generator yang dikembangkan, yakni: tahap pengisian data pembelajaran, tahap analisis dan pengelompokan data pembelajaran, tahap penyaringan metode, tahap penilaian metode, dan tahap penyusunan RPP.
References
Anas, M. (2014). Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Arman, A. (2016). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui supervisi akademik Kepala Sekolah di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 55-61.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press (Edition 3 ed.). USA: Sage Publications.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ningsih, D. H. (2017). Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan proses di SD Negeri 10 Mandonga. XW, 2(1).
Nur, F., Fitria, F., Latuconsina, N. K., Mattoliang, L. A., & Majid, A. F. (2020). Kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru Matematika Kurikulum 2013. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 100-110.
Plomp, T., Akker, J. v., Bannan, B., Kelly, A. E., & Nieveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research (Enschede, 3rd print March ed.). Netherlands: SLO •Netherlands institute for curriculum development, Netzodruk, Enschede.
Prodjo, W. A. (2020, 03 20). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/20/173617371/belajar-dari-rumah-nadiem-minta-dinas-pendidikan-dan-kampus-siapkan-pedoman
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), 489-497.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.
Salamun, Sukarman Purba, V. F., Brata, D. P., Sakirman, Nurtanto, M., Yurfiah, . . . Suhartati, T. (2021). Inovasi Perencanaan Pembelajaran (Cetakan 1 ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran Daring di SD Negeri Sojopuro dalam Masa Covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.
Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 99-104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article