KLASIFIKASI KOMPETENSI DIGITAL DOSEN BAHASA INGGRIS DI ERA PANDEMI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1524

Keywords:

Kompetensi Digital, Digitalisasi Pembelajaran, Dosen Bahasa, Teknologi Informasi, Pandemi Covid-19

Abstract

Digitalisasi sekarang ini secara luas digunakan oleh semua pihak pemangku kebijakan di bidang pendidikan, termasuk level perguruan tinggi. Dosen yang memegang posisi yang penting dalam proses pembelajaran harus beradaptasi dengan baik pada teknologi informasi terbaru. Lambat laun, perkembangan teknologi akan memaksa semua pekerja untuk menggunakannya jika masih ingin bertahan di era ini. Di sisi lain, penyebaran Pandemi Covid-19 di seluruh dunia menuntut dosen dan mahasiswa untuk memaksimalkan penggunaan teknologi informasi terkini. Bagaimana dosen menggunakan menggunakan perangkat digital dalam melaksanakan proses pembelajaran merupakan fokus inti dari studi ini. Studi ini bertujuan untuk memetakan kemampuan dosen dalam menggunakan perangkat digital dalam mendukung proses pembelajaran yang dilakukan. Selebihnya target dari studi ini adalah untuk memberikan sekilas penjabaran tentang kemampuan kompetensi digital kepada Lembaga Penjamin Mutu di kampus dan lebih jauh dapat memberikan pertimbangan yang komprehensif tentang bagaimana mengembangkan dan memandu kompetensi digital dosen di masa depan. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan partisipan 8 dari 11 dosen yang mengampu di Fakultas Sastra Universitas Putra Indonesia Tahun Akademik 2020/ 2021. Partisipan dalam studi ini 72% adalah dosen yang mengampu mata kuliah Linguistik atau Sastra. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil studi mengungkapkan bahwa partisipan telah cakap dalam menggunakan digital sesuai standar perguruan tinggi dan lolos melewati semua kriteria kompetensi digital.

References

Daoust, J. F. (2020). Elderly people and responses to COVID-19 in 27 Countries. PLoS ONE, 15(7), 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0235590
Elmer, T., Mepham, K., & Stadtfeld, C. (2020). Students under lockdown: Comparisons of students’ social networks and mental health before and during the COVID-19 crisis in Switzerland. PLoS ONE, 15(7 July), 1–22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0236337
Elstad, E., & Christophersen, K. A. (2017). Perceptions of digital competency among student teachers: Contributing to the development of student teachers’ instructional self-efficacy in technology-rich classrooms. Education Sciences, 7(1). https://doi.org/10.3390/educsci7010027
Fraillon, J., Ainley, J., Schulz, W., Friedman, T., & Gebhardt, E. (2014). Preparing for Life in a Digital Age. In Preparing for Life in a Digital Age. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14222-7
Goodfellow, R., & Lea, M. R. (2013). Literacy in the digital university: Critical perspectives on learning, scholarship, and technology. Literacy in the Digital University: Critical Perspectives on Learning, Scholarship, and Technology, 1–215. https://doi.org/10.4324/9780203074510
Hager, E., Odetokun, I. A., Bolarinwa, O., Zainab, A., Okechukwu, O., & Al-Mustapha, A. I. (2020). Knowledge, attitude, and perceptions towards the 2019 Coronavirus Pandemic: A bi-national survey in Africa. PLoS ONE, 15(7 July), 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0236918
Havifah, B., & Yogyakarta, U. N. (2019). Kebijakan pendidikan bahasa asing di Indonesia dalam perspektif masyarakat global. February. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.20612
Huvila, I. (2012). Information services and digital literacy. In Information Services and Digital Literacy. https://doi.org/10.1016/b978-1-84334-683-8.50003-3
Iinuma, M. (2018). Learning and Teaching with Technology in the Knowledge Society : New Literacy, Collaboration and Digital Content. In Business Systems Research (Vol. 9, Issue 1). http://link.springer.com.conricyt.remotexs.co/content/pdf/10.1007%2F978-981-10-0144-4.pdf
Jana, P. (2021). E – Learning During Pandemic Covid-19 Era Drill Versus Conventional Models. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), Vol 11(No 3), 54–70. https://doi.org/doi.org/10.3991/ijep.v11i3.16505
Kim, H., Sefcik, J. S. and Bradway, C. 2017 "Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review‟, Journal of Career and Technical Education, 21(1), pp. 51-70. doi: 10.1002/nur.21768.Characteristics
Kosnik, C., White, S., Beck, C., Marshall, B., Lin Goodwin, A., & Murray, J. (2016). Building bridges: Rethinking literacy teacher education in a digital era. In Building Bridges: Rethinking Literacy Teacher Education in a Digital Era. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-491-6
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Lee, J. S. (2019). Quantity and diversity of informal digital learning of English. Language Learning and Technology, 23(1), 114–126. https://doi.org/10.125/44675
Maloney, J. (2019). Review of Language teacher education and technology: Approaches and practices. 23(1), 44–48.
Muthmainnah, N. (2019). A Correlational Study of Digital Literacy Comprehension Toward Students’ Writing Originality. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 5(1), 45. https://doi.org/10.31332/lkw.v5i1.1151
Newland, B., & Handley, F. (2016). Developing the digital literacies of academic staff: An institutional approach. Research in Learning Technology, 24(1063519), 1–12. https://doi.org/10.3402/rlt.v24.31501
OECD. (2017). Skills for a Digital World: Ministerial Meeting on the Digital Economy, Background Report 2016. OECD Digital Economy Papers, 250, 67.
Ritchie, Jane et al. (2003). QUALITATIVE A Guide for (J. Ritchie, Jane; Lewis (Ed.)). SAGE Publications, Inc.
Suratno, A., & Aydawati, E. N. (2017). Exploring Students Perception and ICT Use in Indonesian High Schools. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 16(2), 177. https://doi.org/10.24167/celt.v16i2.735
Susman-peña, T., Druckman, M., & Oduro, N. (2020). Fighting Misinformation: Digital Media Literacy. 80.
Tyner, K. (2014). Teaching and learning in the age of information. Literacy in a Digital World. https://www.taylorfrancis.com/books/9781135690854

Published

2021-12-01

How to Cite

Supyani, Y. and F, D. F. (2021) “KLASIFIKASI KOMPETENSI DIGITAL DOSEN BAHASA INGGRIS DI ERA PANDEMI”, Sebatik, 25(2), pp. 460–467. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1524.