PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA LAYANAN PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR

Keywords: Cuci, Kendaraan, Mobil, Motor, Sistem, Waterfall

Abstract

Setiap tahun pengguna kendaraan bermotor selalu terjadi peningkatan, hal ini terbukti dari data yang diperoleh melalui Badan Pusat Statistik yaitu sebanyak 136.320.000 juta unit pada 2020. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor tersebut, membuat pelaku bisnis membuka jasa layanan untuk pencucian kendaraan bermotor khususnya untuk pencucian kendaraan mobil dan motor. Dalam menjalankan usaha jasa cuci mobil dan motor banyak pelaku bisnis yang masih menggunakan sistem transaksi secara manual dengan menggunakan buku besar. Selain itu mencatat setiap transaksi, yang nantinya akan digunakan untuk membuat laporan harian, bulanan, dan tahunan sebagai informasi yang diberikan kepada atasannya. Pada lain sisi pengguna kendaraan juga merasa dirugikan ketika melakukan pencucian, pelanggan tidak mendapatkan nota dari transaksi mereka, pemilik kendaraan mendapatkan kendaraannya masih dalam keadaan kotor, terdapat goresan setelah melakukan pencucian, harga paket pencucian yang selalu berubah-ubah, dan pelanggan pun merasa dirugikan dengan hal ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah aplikasi jasa pencucian kendaraan khususnya untuk mobil dan motor dengan menggunakan metode Waterfall mulai dari perencanaan, analisis, desain, implementasi dan sampai tahapan pemeliharaan, sehingga dengan metode tersebut dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Hasil dari penelitian diharapkan aplikasi ini dapat menguntungkan dari sisi pemilik kendaraan dan pelaku bisnis tersebut. Pelaku bisnis dapat mengatur sistem kerja dari proses pencucian, penggajian pegawai sampai hasil laporan, dan pelanggan mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi. Implementasi dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman C# dengan basis data Microsoft Office Access.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christian, A., Rizal, K., Alam, N., & Amir, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Jasa Cuci Mobil dan Motor. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 65-70.
Hamsona, D. A., & Susilowati, I. F. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Penumpang Kendaraan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Novum: Jurnal Hukum, 6(2).
Harpad, B., & Salmon, S. (2021). Penerapan Algoritma Boyer-Moore Dalam Perpustakaan Virtual SMK Muhammadiyah 1 Samarinda Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(2), 182-188.
Indonesia. (2007). Undang-undang RI No. 14 Tahun 1992 Tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan. VisiMedia.
Muheri, D., Soni, S., & Hayami, R. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale Berbasis Android (Studi Kasus: Sekolah Darma Yudha). In Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication (Vol. 1, No. 1, pp. 11-15).
Nursobah, N., & Pahrudin, P. (2019). Penerapan Algoritma Pencarian Knuth-Morris-Pratt (Kmp) Dalam Sistem Informasi Perpustakaan Smk Ti Pratama. Sebatik, 23(1), 112-115.
Pinandita, T., & Arifin, L. N. (2020). Sistem Informasi Geografis Pencucian Sepeda Motor Melalui Algoritma Dijkstra Berbasis Android Di Kota Purwokerto. Jurnal Media Pratama, 14(1), 53-61.
Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus: Cucian Gading Putih). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 22-30.
Supriyadi, S., & Burhanuddin, A. (2020). Rancang Bangun Prototipe Mesin Cuci Mobil Otomatis Berbasis Arduino Atmega 2560 Menggunakan Sensor Hc-Sr04. In Science and Engineering National Seminar (Vol. 5, No. 1, pp. 781-790).
Syaddad, H. N. (2020). Perancangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Gps Tracker Berbasis Mikrokontroler Pada Kendaraan Bermotor. Media Jurnal Informatika, 11(2), 76-85.
Yuliyani, I. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Dki Jakarta (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jakarta).
Published
2021-12-01
How to Cite
Cahyanti, M. and Lamsani, M. (2021) “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA LAYANAN PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR”, Sebatik, 25(2), pp. 639-648. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1530.