PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1570

Keywords:

Pembelajaran Daring, Faktor Lingkungan, Motivasi Belajar, Taruna

Abstract

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang telah menerapkan sistem pembelajaran daring sejak pemerintah menetapkan kebijakan mencegah penyebaran virus Covid-19 di Negara ini. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran daring saat ini masih mengalami beberapa kendala, antara lain : Pemahaman taruna terkait materi yang diberikan dosen masih kurang, efektifitas pembelajaran masih kurang efektif, Faktor lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya motivasi belajar taruna terhadap pembelajaran daring. Berdasarkan fenomena tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisa pengaruh Pembelajaran Daring dan Faktor Lingkungan terhadap Motivasi Belajar Taruna PIP Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Taruna Taruni Semester 3 dan 8 dengan jumlah 492. Dengan menggunakan rumus Slovin maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 233 Taruna. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner melalui Google form. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data angket disimpulkan bahwa Pembelajaran Daring berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Taruna, dengan nilai signifikansi 0,000. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar taruna, yaitu faktor teknis, proses pembelajaran dan dukungan kampus PIP Semarang dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Faktor Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Taruna, dengan nilai signifikansi 0,000. Beberapa faktor yang berpengaruh pada lingkungan keluarga yang dapat meningkatkan Motivasi Belajar Taruna, antara lain : Cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan.

References

Alessandro, B. 2018. Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation.
Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Cahyani, A. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 No. 01 2020, p. 123-140, ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online).
Cresweel, J. W. 2016. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damayanti R. 2011. Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ilmu Sosial Di Sma Negeri 8 Purworejo.
Fitriyani Y, dkk. 2016. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, Juli 2020. Vol.6, No.2, e-ISSN: 2442-7667.
Jamil, S.H, dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, Vol. 3, No. 1, Juni 2020, e-ISSN: 2615-7004.
Khusniyah, N.L, dkk. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris, JURNAL TATSQIF, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Volume 17, No. 1, Juni 2019, P ISSN: 1829-5940, E ISSN: 2503-4510.
Kurniawan, A, dkk. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, Dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy
Mather, M., & Sarkans, A. 2018. Student Perceptions of Online and Face-to-Face Learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61–76.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosadakarya
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Pratama, A, P. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD
Pratama, H. J., Ghofur, M. A. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring.
Puspitaningtyas N, D, dkk. 2020. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring, JPMI Volume 3, No. 6, November 2020, ISSN 2614-2155.
Sarahutu M, G. 2020. Pembelajaran online, minat belajar, dan kehidupan sehari-hari mahasiswa Pendidikan fisika Universitas Sanata Dharma di Tengah Covid-19.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sutardi, dkk. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 157-171.

Published

2021-12-01

How to Cite

Hermanto, A. W., Mubin, M. I., Ridwan, A. and S, D. K. (2021) “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG”, Sebatik, 25(2), pp. 545–554. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1570.