PENGARUH E-COMMERCE ERA INDUSTRI 4.0 DAN KESIAPAN MENYAMBUT REVOLUSI SOCIETY 5.0

Keywords: E-Commerce, Industry 4.0, Revolusi Society 5.0

Abstract

Perkembangan teknologi informasi era industri 4.0, telah mempengaruhi semua sendi kehidupan. Pertumbuhan dan perkembangan E-commerce di kalangan masyarakat telah dirasakan seluruh masyarakat. apakah ini menunjukkan kesiapan masyarakat menyambut Society 5.0? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh E-commerce pada industri 4.0 dan mendeskripsikan kesiapan dan kesesuaian industry 4.0 dengan society 5.0. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. dengan desain deskriptif. Data diperoleh melalui jurnal, buku, dan website yang relevan. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), display data dan gambaran konklusi atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan perkembangan E-commerce di era industri 4.0, dapat meningkatkan ekonomi dan perdagangan dengan memanfaatkan aplikasi E-commerce. Dimana dalam Aplikasi E-commerce terdapat kemudahan transaksi perdagangan dimana-mana (Ubiquity), bahwa teknologi internet/web tersedia kapan dan di mana saja seperti: di tempat kerja, di rumah dan di tempat lain melalui perangkat mobile. Hal ini membuat transaksi jual beli bisa terjadi di mana saja dan nyaman bagi pelanggan, biaya transaksi berkurang, informasi mudah dan murah didapat, Masyarakat sudah siap menyambut society 5.0, karena society 5.0 merupakan keseimbangan kemajuan ekonomi dengan pemecahan masalah sosial dengan memanfaatkan sistem yang menghubungkan dunia maya dan dunia nyata. perlu persiapan sumber daya manusia yang kompetitif melalui pendidikan dan latihan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, I. (2018). Pendidikan Tinggi “4.0” Yang Mampu Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi. Makassar, 16 Februari 2018. Bahan Presentasi.
Auliani, & Annisa.P (2019). AI, IoT, dan Tantangan Sektor Logistik di Era Revolusi Industri 4.0. Kompas.com, 11 Februari 2019. Diakses dari: https: // ekonomi.kompas. com/ read/ 2019 /02/11/114445026/ai-iot-dan-tantangan-sektor-logistik-di-era-revolusi-industri-40?page=all, tanggal 22 Agustus 2019.
Auliani, Palupi Annisa. (2019a). Optimalisasi Perusahaan melalui Layanan "Shared Service" di Industri 4.0. Kompas.com,23 Mei 2019. Diakses dari: https://money.kompas.com/read/2019/05/23/ 132110826/optimalisasi-perusahaan-melalui-layanan-shared-service-di-industri-40?page=all, tanggal 28 Agustus 2019.
Bahrin, Mohd Aiman Kamarul et al. (2016). “Industry 4.0: A Review On Industrial Automation And Robotic”, Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) UTM 78 (6-13), 137–143. https://doi.org/10.11113/jt.v78.9285
Cabinet Office Japan Government. (2019). Society 5.0.Diakses dari:https://www8.cao.go.jp/cstp/english/ society5_0/index. html, tanggal 6 Agustus
Fukuyama, Mayumi. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan Economy Foundation Journal-Japan SPOTLIGHT. https://www. jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf. diakses tanggal 27 Agustus 2019.
Haryanti, Rosiana. (2019). Society 5.0: Solusi Jepang Atasi Defisit Penduduk dan Infrastruktur. Kompas. com, 28 Januari 2019.Diakses dari: https:// properti. kompas. com/ read/2019/01/28/115422021/society-50-solusi-jepang-atasi-defisit-penduduk-dan-infrastruktur?page=all, tanggal 6 Agustus 2019.
Hendarsyah, Decky. (2012). “Keamanan Layanan Internet Banking Dalam Transaksi Perbankan: IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 1 (1), 12-33.
Hendarsyah, Decky. (2015). Bisnis Toko Online:. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 4 (1), 1-14.
Hendarsyah, Decky. (2016). Penggunaan Uang Elektronik Dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai Di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 5 (1), 1-15.
Kementerian Perindustrian. (2018). Making Indonesia 4.0:Strategi RI Masuki Revolusi Industri Ke-4. Diakses dari: https:// kemenperin. go. Id /artikel /18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4, tanggal 30 Juli 2019.
Laudon, Kenneth C. and Carol Guercio Traver. (2014). E-Commerce: Business, Technology & Society 10th edition. New Jersey: Pearson.
Mestika, Zed. (2016). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Nakanishi, Hiroaki and Hiroaki Kitano. (2018). Society 5.0 Co-Creating The Future: Policy Proposals Industrial Technology, Keidanren (Japan BusinessFederation)
Prima, E. (2019). Mengenal Visi Jepang Society 5.0: Integrasi Ruang Maya dan Fisik. Retrieved from Tekno Tempo
Santoso, K.A. (2019). Pendidikan Untuk Menyambut Society 5.0. Retrieved from Tekno Tempo
Syahrul, Mesut and Cüneyt Kılıç. 2011. “E-Commerce As An Alternative Strategy In Recovery From The Recession”. 7th International Strategic Management Conference, Procedia Social and Behavioral Sciences 24, 247–259. Elsevier.
Rahayu, Ning. (2019). Pertumbuhan E-Commerce Pesat di Indonesia. Warta Ekonomi Online, 19 Februari 2019. Diakses dari: https: // www. wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce- pesat-di-indonesia.html, tanggal 21 Agustus 2019.
Rojko, Andreja. 2017. “Industry 4.0 Concept: Background and Overview”. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) 11 (5), 77-90. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072.
Turban, Efraim et al. 2015. Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective Eighth Edition. Switzerland: Springer.
Yenny, Fitriani, Astuti, Novianti. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020
Xu, Li Da dkkl. (2018). Industry 4.0: State Of The Art And Future Trends. International Journal of Production Research 56 (8), 2941–2962. https://doi.org/10.1080/00207543.2018.1444806
Zuraya, Nidia. (2019). Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Republika Online, 27 Februari 2019. Diakses dari:https: //www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/pnkrfg383/pertumb uhan-emecommerceem-indonesia-tertinggi-di-dunia, tanggal 21 Agustus 2019
Published
2021-12-01
How to Cite
Majir, A. and Nasar, I. (2021) “PENGARUH E-COMMERCE ERA INDUSTRI 4.0 DAN KESIAPAN MENYAMBUT REVOLUSI SOCIETY 5.0”, Sebatik, 25(2), pp. 530-536. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1574.