ANALISIS KANDUNGAN ZAT PENGAWET NATRIUM BENZOAT PADA SAMBAL TRADISIONAL KHAS BIMA “MBOHI DUNGGA” SAMBAL JERUK YANG DIFERMENTASI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1576

Keywords:

Jeruk Purut , Kabupaten Bima, Mbohi Dungga, Natrium Benzoat, Spektrofotometer UV-Vis

Abstract

Kabupaten Bima yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki beraneka ragam makanan tradisonal yang juga merupakan oleh-oleh khas dari Kabupaten Bima, salah satu makanan khas yang cukup terkenal dan digemari wisatawan sebagai oleh-oleh adalah Mbohi Dungga. Mbohi Dungga merupakan salah satu sambal tradisional khas Bima yang sudah terkenal akan kenikmatannya, Mbohi dungga berbahan dasar jeruk purut yang telah diolah kemudian difermentasi lalu selanjutnya dimasak dan dikemas dengan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan Natrium Benzoat pada makanan tradisional khas Bima yaitu Mbohi Dungga. Terdapat 8 (delapan) sampel Mbohi Dungga yang diperiksa, sampel Mbohi Dungga yang telah diambil kemudian di periksa di laboratorium untuk melihat kandungan Natrium Benzoat pada Mbohi Dungga Tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang bersifat deskriptif yaitu menganalisis kandungan natrium benzoat pada Mbohi Dungga, sampel Mbohi Dungga yang dibeli pada Produsen di analisis menggunakan Spektrofotometer UV-VIS di Balai Laboratorium kesehatan Pengujian dan Kalibrasi Provinsi NTB. Hasil dari penelitian ini dari (8) delapan sampel Mbohi Dungga tidak ditemukan sampel yang mengandung natrium benzoat. Diharapkan kepada para produsen pembuat Mbohi Dungga untuk selalu menerapkan hygiene personal dalam setiap kegiatan dan menerapkan SOP (Standar Operasional) hygiene makanan dan minuman dalam proses pengolahan Mbohi Dungga.

References

Afifah A, D., & Fitri, F. 2020. Identifikasi Kualitatif Dan Kuantitatif Natrium Benzoat Pada Saus Cabai Yang Dijual Di Beberapa Pasar Di Kota Padang. In Jurnal Kesehatan Andalas (Vol. 9). Http://Jurnal.Fk.Unand.Ac.Id
Asmawati S, A., & Sinala, S. 2019. Analisis Kadar Natrium Benzoat Saos Tomat Jajanan Makanan Di Lingkungan Kampus Stikes Pelamonia Makassar Dengan Metode Spektrofotometri Uv-Vis Analysis Of Sodium Levels Benzoat Saos Food Tomato In The Campus Environment O Stikes Pelamonia Makassar By Uv-Visible Spectrophotometry Method. In Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia (Vol. 02).
Ayu, K., Dewi, Y, Ayu, D., Pramitha, I., & Juliadi, D. (N.D.). 2020. Penetapan Kadar Pengawet Natrium Benzoat Pada Sambal Kemasan Secara Spektrofotometri Uv-Vis Penetapan Kadar Pengawet Natrium Benzoat Pada Sambal Kemasan Secara Spektrofotometri Uv-Vis (Determination Of Sodium Benzoate Content In Packaged Chili Sauce Using Uv-Vis Spectrophotometry).
D., Faroch, U., Dhanti, K. R., Sudarsono, T. A., & Purwokerto, M. 2021. Analisis Kadar Natrium Benzoat Pada Saus Sambal Di Pasar Wage Kabupaten Banyumas. Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang Indonesia, 5, 25.
Febrianti, R,D. 2020 .Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Buah Jeruk Purut (Citrus Hystrix D.C) Terhadap Staphylococcus Aureus Dan Escherichia Coli. 2009.
Febrianti, D. R., & Ariani, N. 2020. Uji Potensi Minyak Atsiri Daun Jeruk Purut (Citrus Hystrix D.C) Sebagai Antioksidan Dan Antibakteri. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 3(1), 66–74. Https://Doi.Org/10.36387/Jifi.V3i1.458
Great B. Parliament. House Of Commons. Environment, T. 2018. Health & Safety Commission And Executive Response To The First Report Of The Committee : Railway Safety : First Special Report ... Stationery Office.
Hadriyati, A. 2020. Analysis Of Sodium Benzoate Levels In Cinnamon Syrup Using High Performance Liquid Chromatography Method. Jurnal Kartika Kimia, 3(2). Https://Doi.Org/10.26874/Jkk.V3i2.55
Hadriyati, A., Retnasari, A., Pratama, S., & Penulis, K. 2020. Analisis Kadar Natrium Benzoat Pada Bumbu Jahe Giling (Zingiber Officinale) Di Pasar Tradisional Jambi Analysis Of Sodium Benzoate Levels In Ground Ginger (Zingiber Officinale) In The Traditional Jambi Market. In Journal Of Healthcare Technology And Medicine (Vol. 6, Issue 1).
Jannah, O. Z., Komang Suwita, I., Jayadi, L., Farmasi, A., Makanan, D., Kementerian, K., & Malang, K. (N.D.). Analisis Pewarna Rhodamin B Dan Pengawet Natrium Benzoat Pada Saus Tomat Yang Diperdagangkan Di Pasar Besar Tradisional Kota Malang. 3(1), 2021. Https://Doi.Org/10.33759/Jrki.V2i3.105
Kusuma W, R., Rahayu, C., Gizi, J., Kemenkes, P., Raya, P., & Tengah, K. 2021. Analisis Keberadaan Rhodamin B Dan Natrium Benzoat Dalam Saus Tomat Pentol Di Kota Palangka Raya. J. Sains Dan Teknologi Pangan, 6(3), 4011–4019.
Luwitono, C. P. W. D., & Darmawan, P. 2019. Analisis Pengawet Natrium Benzoat Pada Selai Stroberi Curah Di Pasar Tradisional. Biomedika, 12(2), 244–250. Https://Doi.Org/10.31001/Biomedika.V12i2.533
Nurman, S., & Muhardina, V. 2018. Pengaruh Konsentrasi Natrium Benzoat Dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Minuman Sari Nanas (Ananas Comosus L.) (Vol. 15, Issue Desember).
Rahmania, N., Hadriyati, A., Sanuddin, M., Tarmizi Kadir Pakuan Baru, J., Hadriyanti, A., & Sannudin, M. 2020. Analisis Natrium Benzoat Pada Saos Yang Diproduksi Di Kota Jambi Dengan Metode Spektrofotometri Uv-Vis Analysis Of Sodium Benzoates In Produced Saos In Jambi City Of Methods Spectrophotometric Uv-Vis. In Journal Of Healthcare Technology And Medicine (Vol. 6, Issue 2).
Sirait,R. 2021 .Pengawetan Dan Daya Terima Saus Nanas Sebagai Oleh-Oleh Khas Subang Skripsi Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Di Program Studi Pendidikan Tata Boga. (N.D.).
Sjarif, S. R., Rosmaeni, A., Riset, B., Standardisasi, D., Manado, I., Besar, B., &, I. H. 2019. Pengaruh Penambahan Bahan Pengawet Alami Terhadap Pertumbuhan Mikroba Pada Pasta Tomat Effect Of Addition Of Natural Preservatives On The Growth Of Microbial Growth In Tomato Paste. Jurnal Penelitian Teknologi Industri, 11(2), 71–82.
Suryani H, 2019. Pengujian Kadar Asam Benzoat, Asam Sorbat Dan Natrium Sakarin Pada Saus Tomat Yang Dijual Di Kota Medan Dengan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (Kckt). (N.D.).
Ulya, M., Aronika, N. F., & Hidayat, K. 2020. Pengaruh Penambahan Natrium Benzoat Dan Suhu Penyimpan Terhadap Mutu Minuman Herbal Cabe Jamu Cair. Rekayasa, 13(1), 77–81. Https://Doi.Org/10.21107/Rekayasa.V13i1.5385
Wisnu,W., 2018. Analisis Kandungan Natrium Benzoat Pada Manisan Buah Serta Tingkat Pengetahuan Pedagang Di Pasar Ramai Tahun 2018 Skripsi.

Published

2021-12-01

How to Cite

Wahyuningsih, S. and Nurhidayah, N. (2021) “ANALISIS KANDUNGAN ZAT PENGAWET NATRIUM BENZOAT PADA SAMBAL TRADISIONAL KHAS BIMA ‘MBOHI DUNGGA’ SAMBAL JERUK YANG DIFERMENTASI”, Sebatik, 25(2), pp. 311–317. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1576.