PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1605

Keywords:

kecerdasan emosional, perilaku belajar, kepercayaan diri, kemampuan mengapresiasi puisi

Abstract

Menghargai karya sastra bagian dari motivasi yang penting dalam menumbuhkan sikap yang kritis berdasarkan emosi serta membentuk gaya hidup yang membahagiakan bagi orang lain. Kemampuan apresiasi puisi yang dimiliki setiap siswa masing-masing berbeda, hal tersebut diduga dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, perilaku belajar, serta kepercayaan diri. Tujuan penlitian ini untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, serta kepercayaan diri secara parsial dan simultan terhadap kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa SMA/Sederajat di Kecamatan Borobudur. Penelitian ini dilakukan di SMA/sederajat di Kecamatan Borobudur pada tahun 2020. Sampel penelitian berjumlah 125 siswa dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menemukan beberapa simpulan yaitu kemampuan mengapresiasi puisi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional secara positif dan signifikan, kemampuan mengapresiasi puisi dipengaruhi oleh perilaku belajar secara positif dan signifikan, kemampuan mengapresiasi puisi dipengaruhi oleh kepercayaan diri secara positif dan signifikan, dan secara simultan kecerdasan emosional, perilaku belajar, serta kepercayaan diri berpengaruh dengan signifikan terhadap kemampuan mengapresiasi puisi.

References

Alanazi, A. A., Mohamud, M., & AlSuwailem, S. S. (2020). The Effect of Simulation Learning on Audiology and Speech-Language Pathology Students’ Self-Confidence Related to Early Hearing Detection and Intervention: A Randomized Experiment. Speech, Language and Hearing, 1–14. https://doi.org/10.1080/2050571X.2020.1846839
Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Percaya Diri Siswa melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. Pedagogik, 5(2), 44–56.
Drigas, A. S., & Papoutsi, C. (2018). A New Layered Model on Emotional Intelligence. Behavioral Sciences, 8(5), 1–17. https://doi.org/10.3390/bs8050045
Fitriyah, W. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa SDN Ngrayudan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 113–117. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3700
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goleman, D. (2017). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional: Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, L., & Kartikasari, R. D. (2021). Pengaruh Model Reception Learning Terhadap Pembelajaran Puisi Berbantuan Media Teka-Teki. Pena Literasi-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(4), 29–36.
Hamdan, S. R. (2017). Kecerdasan Emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA: Journal of Psychology Research, 3(1), 35–45. Diambil dari https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807
Khaerunisa, & Nasir, M. (2018). Penerapan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X MIPA3 SMAN 87 Jakarta. Pena Literasi-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 124–137. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.124-137
Maccann, C., Jiang, Y., Brown, L. E. R., Double, K. S., Bucich, M., & Minbashian, A. (2020). Supplemental Material for Emotional Intelligence Predicts Academic Performance: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin, 146(2), 150–186. https://doi.org/10.1037/bul0000219.supp
Makmun, S., & Adawiyah, R. (2019). Kemampuan Mengapresaisi Puisi dengan Metode Hermeneutik dalam Penguasaan Bahasa Figuratif Siswa MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Mabasan, 12(2), 185–195.
Mulyani, S. (2017). Pengaruh Pengendalian Diri, Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Umrah, 4(1), 51–63.
Ritonga, A. Z. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 263–274.
Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022
Schweder, S. (2020). Mastery Goals, Positive Emotions and Learning Behavior in Self-Directed vs. Teacher-Directed Learning. European Journal of Psychology of Education, 35(1), 205–223. https://doi.org/10.1007/s10212-019-00421-z
Schweder, S., & Raufelder, D. (2019). Positive Emotions, Learning Behavior and Teacher Support in Self-Directed Learning During Adolescence: Do Age and Gender Matter? Journal of Adolescence, 73, 73–84. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.04.004
Sedrakyan, G., Malmberg, J., Verbert, K., Järvelä, S., & Kirschner, P. A. (2020). Linking Learning Behavior Analytics and Learning Science Concepts: Designing A Learning Analytics Dashboard for Feedback to Support Learning Regulation. Computers in Human Behavior, 107, 1–26. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.05.004
Susanti, Amri, Y. K., & Lestari, T. (2020). Pengaruh Kemampuan Mengapresiasi Puisi terhadap Keterampilan Menulis Puisi Religius Siswa Kelas XI SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 181–191.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2017). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri dalam Proses Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–19.
Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional Melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066
Wati, S., & Nisa, K. (2018). Pengaruh Model CIRC Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi “Gadis Peminta-Minta” Karya Toto Sudarto Bachtiar. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 80–87.
Wienike, D. P., & Uah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Apresiasi Puisi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 9(1), 48–60. https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1779
Wijaya, D. W. (2018). Tafsir Hermeneutik Puisi A. Mustofa Bisri. Prosiding Semnas KBSP V, 327–332.
Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), 242–251. https://doi.org/10.30871/jaemb.v5i2.575

Published

2022-06-01

How to Cite

Wijaya, D. W., Saputri, D. N. G. and Wicaksono, A. B. (2022) “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI”, Sebatik, 26(1), pp. 239–248. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1605.

Issue

Section

Articles