PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SMS GATEWAY DALAM MENINGKATAN LAYANAN PADA STMIK MAHAKARYA

Keywords: Sistem Informasi, SMS (Short Message Service), SMS Gateway, Web, Informasi

Abstract

Kebutuhan mendapatkan informasi secara cepat dan akurat menuntut semua aspek untuk melakukan pengembangan dalam bidang teknologi informasi agar dapat bersaing. Kampus STMIK Mahakarya yang merupakan salah satu pendukung perkembangan kehidupan dalam aspek pendidikan harus berkembang agar bertahan dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi seluler dan salah satu fitur yang mudah digunakan adalah text messaging atau yang sering kita sebut dengan SMS (Short Message Service). Mudahnya penggunaan SMS dan biaya yang murah menjadikan siapa saja dapat menggunakannya. Hal tersebut menjadi latar belakang penulis untuk melakukan pengemban sistem yang berbasis SMS Gateway di kampus STMIK Mahakarya guna meningkatkan layanan akademik. Pembuatan sistem SMS Gateway berbasis web ini dibangun untuk memberikan informasi mahasiswa dan calon mahasiswa. Pada sistem sebelumnya di kampus STMIK Mahakarya layanan pemberian informasi masih menggunakan sistem manual yaitu tatap muk, sehingga dengan adanya sistem yang dibangun dapat mempermudah penyampaian informasi kepada mahasiswa dan calon mahasiswa. Pengujian terhadap sistem dilakukan menggunakan pengujian black box dengan hasil semua diterima dan dilakukan juga user acceptance test menggunakan skala likert untuk mengetahui penilaian sistem dari user secara langsung, dari hasil pengujian didapat nilai persentase adalah 89% dimana angka tersebut terdapat pada interval dengan pernyataan sangat setuju.Sistem Informasi, SMS (Short Message Service), SMS Gateway, Web, Informasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Briandana, R., Lestari, T. and Marta, R. F. (2020) ‘Efektivitas Iklan Melalui SMS Blast Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen’, JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 4(2), pp. 98–112.
Dhini, V. A. (2021) Jumlah Pelanggan Telepon Seluler di Indonesia Meningkat pada 2020. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/06/jumlah-pelanggan-telepon-seluler-di-indonesia-meningkat-pada-2020.
Dini, B. A. and Agmawarnida, A. (2018) ‘Implementasi Waterfall Method Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway Di SMPIT Insan Kamil’, Jurnal Informatika SIMANTIK, 3(2), pp. 36–42.
Latukolan, M. L. A., Arwan, A. and Ananta, M. T. (2019) ‘Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p. 964X.
Masruri, M. H. and Creativity, J. (2015) Membangun SMS Gateway dengan Gammu & Kalkun. Elex Media Komputindo.
Pineng, M. (2017) ‘Analisa Performansi Pengiriman Short Message Service (SMS) Pada Jaringan CDMA’, Journal Dynamic Saint, 3(1), pp. 405–416.
Sabharwal, S., Kaur, P. and Sibal, R. (2017) ‘Empirical and Theoretical Validation of a Use Case Diagram Complexity Metric’, International Journal of Information Technology and Computer Science, 9(11), pp. 35–47.
Shodikun, A. and Syam, E. (2018) ‘Pembangunan sms gateway hasil pemeriksaan ujian sekolah berbasis web pada ma bahrul ulum singingi’, Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), pp. 1–12.
Suendri, S. (2019) ‘Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)’, Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), p. 1.
Supriatna, R. (2019) ‘Implementasi Dan User Acceptance Test (UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Banda Aceh’. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Supriyono, S. (2020) ‘Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System’, IJISTECH (International Journal of Information System & Technology), 3(2), pp. 227–233.
Tantowi, A., Pasha, D. and Priandika, A. T. (2021) ‘Implementasi Sistem Informasi Pembauaran Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus: SMK NEGERI 1 Bandar Lampung)’, Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2), pp. 188–195.
Utari, H. and Triana, Y. S. (2019) ‘Sistem Informasi Monitoring Siswa Menggunakan SMS Gateway’, Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(3), pp. 328–335.
Published
2021-12-01
How to Cite
Wahidin, A. J. (2021) “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SMS GATEWAY DALAM MENINGKATAN LAYANAN PADA STMIK MAHAKARYA”, Sebatik, 25(2), pp. 581-589. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1612.